Search in:

Istilah Babi yang Tidak Umum

ASEAN Economic Community (AEC) atau yang lebih dikenal sebagai Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) telah dimulai sejak 1 Januari 2015. Negara-negara ASEAN mulai berlomba-lomba memasarkan barang dagangannya tidak hanya didalam negerinya sendiri tetapi sudah mulai merambah ke negara tetangga.

Tahun ini adalah tahun yang berat untuk Indonesia karena banyak produk import yang masuk ke dalam negeri. Kita dituntut untuk lebih memperketat fiter keluar masuknya barang karena tidak semua barang aman dan sesuai dikonsumsi di dalam negeri.

Hal ini terutama berlaku untuk barang berupa makanan dan minuman. Tidak hanya keamanannya saja yang menjadi aspek terpenting yang perlu diperhatikan, tetapi juga aspek kehalalan pangan tidak kalah penting mengingat Indonesia adalah negara dengan penduduk mayoritas Muslim terbanyak di ASEAN atau bahkan mungkin di dunia.

Dari beberapa makanan yang haram, salah satu yang diharamkan didalam Islam adalah Babi dan turunanya (olahannya). Tidak selalu produk makanan mengandung babi dituliskan sebagai kata benda “PIG” didalam label-label makanan, sebagai contoh label bertulis “This product contain substance from porcine” atau “The source of gelatin capsule is porcine” yang menggunakan kata benda porcine. Sebenarnya maksud label tersebut adalah produk ini mengandung bahan dari babi.

Adakalanya digunakan istilah lain yang mungkin itu sangat asing bagi kita, umat muslim indonesia khususnya. Untuk mempermudah identifikasi makanan yang mengandung babi, berikut adalah istilah sains yang digunakan dalam produk yang mengandung/menggunakan unsur babi:

1. PORK : Istilah yang digunakan untuk daging babi di dalam masakan.
2. SWINE : Istilah yang digunakan untuk keseluruhan kumpulan spesies babi.
3. HOG : Istilah untuk babi dewasa, berat melebihi 50 kg.


4. BOAR : Babi liar / celeng / babi hutan.


5. LARD : Lemak babi yang digunakan untuk membuat minyak masak dan sabun.


6. BACON : Daging hewan yang disalai, termasuk / terutama babi.


7. HAM : Daging pada bagian paha babi.


8. SOW : Istilah untuk babi betina dewasa (jarang digunakan).

9. SOW MILK : susu babi.

10. PIG : Istilah umum untuk seekor babi atau sebenarnya babi muda, berat kurang daripada 50 kg.

11. PORCINE : Istilah yang digunakan untuk sesuatu yang berkaitan atau berasal dari babi. Porcine sering digunakan di dalam bidang pengobatan / medis untuk menyatakan sumber yang berasal dari babi.

semoga dengan mengetahui istilah-istilah tersebut kehalalan makanan kita dapat terjamin sehingga ibadah dapat maksimal. Menjamin kehalalan makanan adalah tanggung jawab kita bersama.