Search in:

Labu Kuning buah Penolong Nabi

Dikisahkan menurut Sayyid Quthb dalam tafsirnya Fi Zhilal al-Qur’an: Pohon labu pada zaman Nabi Yunus itu mempunyai daun lebar dan dapat mengusir lalat. Menurut kisahnya, pohon labu ini tidak disukai lalat dan tak satu ekor pun ingin mendekati pohon tersebut. Inilah rahmat Allah untuk utusan-Nya. Setelah keluar dari perut ikan besar, Nabi Yunus mendapati dirinya dalam keadaan lemah, capek, dan lemas. Seolah-olah ia tak memiliki tenaga lagi untuk bangkit. Allah pun menumbuhkan sebuah pohon di dekat Nabi Yunus dari sejenis labu untuk dimakan demi memulihkan tenaganya.

Allah berfirman : “Kemudian kami lemparkan Yunus ke daerah yang tandus sedang dia dalam keadaan sakit dan kami tumbuhkan untuk dia sebatang pohon dari jenis labu” (Qs ash-Shaffat : 145-146).

Buah Labu Kuning memiliki kandungan gizi

Labu kuning atau yang sering dikenal (weluh) merupakan salah satu jenis buah berasal dari benua Amerika, namun sekarang tersebar di negara-negara yang beriklim hangat seperti Indonesia. Umumnya, penggunaan labu kuning di Indonesia digunakan sebagai makanan karena mengandung gizi yang tinggi. Mengkonsumi 100 gram labu kuning saja sudah mampu memenuhi kebutuhan harian vitamin A karena labu kuning kaya akan vitamin A yang baik untuk kesehaan mata. Selain kaya akan vitamin A, labu kuning juga memiliki kandungan vitamin C yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Tidak hanya itu, kandungan minyak dalam labu kuning juga dapat melawan berbagai infeksi bakteri dan jamur. Anti-inflamasi dari buah labu kuning berfungsi meredakan nyeri pada bagian tubuh sehingga tubuh tidak mudah kelelahan. Labu kuning juga memiliki beberapa kandungan vitamin lainnya, seperti :

  1. Vitamin E, B, B2, B3, B5, dan B6.
  2. Mineral seperti: kalium, tembaga, mangan, dan zat besi.
  3. Magnesium, fosfor, zinc, dan folat.
  4. Asam amino, beta-karoten, omega-3, dan omega-6.

Berikut ini manfaat labu kuning :

1. Merawat dan mempercantik tubuh

Labu kuning dengan kaya kandungan vitamin, mineral dan anti oksidan dapat merawat dan mempercantik kulit, menjadikan kulit terasa lebih kenyal dan lembut. Kandungan beta-karoten menghasilkan anti-oksidan yang mampu menyangkal radikal bebas dan radiasi sinar UV sehingga membuat lebih awet muda. Selain itu, kandungan buah labu kuning yang rendah kalori dan tinggi serat juga bisa menjadi pilihan makanan diet sehat yang baik dan mengeyangkan serta mampu bertahan lama

2. Membantu Pertumbuhan Tulang

Buah labu kuning merupakan sumber makanan yang dapat mempercepat pertumbuhan tulang karena kandungan kalsiumnya yang baik. Kalsium tersebut dapat menyehatkan dan memberi nutrisi untuk gigi agar lebih kuat dan sehat. Maka tak heran jika buah ini baik menjadi sumber kalsium untuk pertumbuhan tulang anak.

3. Mengobati Diabetes

Buah labu kuning mengandung kromium yang dimanfaatkan dalam manajemen diabetes. Terkait bioavailabilitas kromium sebaiknya bubuk fungsional diminum tidak lebih dari 80g/kali konsumsi.

4. Mencegah Kanker dan Stroke

Penelitian menunjukan orang mengkonsumsi beta-karoten dan antioksidan memiliki resiko lebih rendah terserang kanker terutama kanker prostat dan kanker paru-paru. Karena kandungan folat, karatenoid, dan magnesium mampu mencegah stroke dan aterosklerosin penyebab dinding pembuluh arteri mengeras akibat penumpukan lemak yang berlebih.

5. Sebagai Sumber Antioksidan

Labu kuning merupakan salam satu produk hortikultura termasuk family Curcurbitaceae yang mempunyai nutrisi yang beragam. Warna orange menandakan labu mengandung antioksidan penting yaitu β-karoten. Sebagai contoh β-karoten yang banyak terdapat di dalam labu kuning adalah precursor vitamin A (provitamin A) (Holt et al., 2002). (Ara ed NH)

Referensi:

3 thoughts on “Labu Kuning buah Penolong Nabi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *