Search in:

COKLAT, siapa sih yang tidak kenal dengan makanan ini?

Ya coklat adalah salah satu kudapan yang terbuat dari biji kakao dan digemari oleh anak anak namun bukan hanya anak anak semua golongan umur akan menyukai rasa dari kudapan tersebut.

Coklat terbuat dari biji kakao tumbuh dalam buah yang berubah warna saat biji menjadi masak: dari hijau menjadi merah, kemudian merah menjadi ungu, dan dari ungu menjadi kuning. Satu buah dapat berisi sekitar 30-50 biji kakao. Memanen terlalu awal menyebabkan buah tidak masak. Terlambat memanen menyebabkan buah menjadi kering.

Coklat memiliki beberapa manfaat diantaranya sebagai berikut.

1. Mencegah penyakit jantung

cokelat dapat membantu untuk mencegah penyakit jantung karena mengandung beberapa senyawa kimia yang membuat sistem kardiovaskular berjalan lancar. Terutama dark chocolate dapat mengurangi risiko serangan jantung dengan prosentase hampir 50% dan penyakit koroner sebesar 10%.

2. Menurunkan tekanan darah

Sama seperti sayuran yang memiliki warna yang gelap, coklat juga memiliki sifat dan manfaat yang mirip. Dark chocolate memiliki beberapa manfaat, salah satunya adalah sebagai suatu antioksidan. Kandungan antioksidan yang terdapat dalam dark chocolate berupa flavonoid, yang mempunyai oligomer yaitu procyanidin. Manfaat dari procyanidin adalah sebagai penurun tekanan darah. Alasan mengapa dark chocolate memiliki manfaat yang baik adalah dark chocolate memiliki kandungan antioksidan sebanyak 10% dari berat dark chocolate tersebut

3. Menurunkan kolesterol

Makan coklat juga membantu Anda dalam menurunkan kolesterol jahat alias LDL. Disamping menurunkan LDL cokalt juga meningkatkan kolesterol baik atau HDL.

4. Anti depresan

Coklat bisa menjadi teman ketika mengalami masalah dan sedang down. Hal ini karena cokelat mengandung serotonin yang merupakan anti depresan alami.

5. Kandungan lemak rendah

Cocoa powder yang merupakan bahan utama dalam coklat rendah lemak. Jadi tak perlu khawatir dalam mengkonsumsi coklat dalam masalah berat badan. Namun hal ini bisa berubah ketika mengkonsumsinya dengan jumlah yang besar.

6. Meningkatkan sirkulasi darah

Flavonoid, seperti yang disebutkan sebelumnya, hadir dalam cokelat dan mereka juga membantu dalam meningkatkan sirkulasi darah selama 2-3 jam setelah Anda mengkonsumsinya. Dengan melebarkan pembuluh darah di otak, flavonoid meningkatkan aliran darah.

7. Menghindari kelelahan kronis

Kelelahan kronis merupakan ancaman bagi kesehatan dan kebahagiaan seseorang. Penyakit ini menyebakan sakit kepala, tubuh nyeri, jantung dan masalah pernapasan. Tapi makan sekitar 50 gram sehari-hari coklat membantu untuk menghindari sindrom kelelahan kronis. Jika seseorang sudah menderita sindrom ini, cokelat membantu dalam memeranginya juga. 

8. Menghambat penuaan

Keuntungan lain dari mengkonsumsi cokelat adalah bahwa hal itu membantu dalam menghambat penuaan. Hal ini dapat menghambat kerutan prematur atau garis yang menunjukkan penuaan di wajah. Coklat mengandung antioksidan alami untuk menundanya.

9. Coklat dapat menghaluskan kulit.

Flavanols yang terdapat pada coklat bisa melindungi dari sinar UV, menjaga kelembaban kulit dan menjaganya untuk tetap bersinar. Coklat juga membantu mempertahankan elastisitas kulit dan meremajakan sel-sel kulit. Jadi bintik-bintik hitam, kulit kasar akan jauh dari kulit yang anda punya. (Dian)

Sumber

Meta Chan. 2013. The Miracle of Chocolate

3 thoughts on “COKLAT, siapa sih yang tidak kenal dengan makanan ini?

ig

Right now it seems like Movable Type is the preferred blogging
platform out there right now. (from what I’ve
read) Is that what you are using on your blog?

Reply
vurtil opmer

F*ckin’ remarkable issues here. I am very satisfied to peer your article. Thanks a lot and i am taking a look ahead to touch you. Will you kindly drop me a mail?

Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *