Search in:

Ujian Kompetensi Gizi 2019

Serangkaian ujian kompetensi gizi telah selesai. Rangkaian yang dimulai pada Bulan Juni 2019 hingga September 2019 dilaksanakan serentak di berbagai kota di Indonesia. Rangkaian ini dimulai dengan pendaftaran peserta, try out, registrasi ulang, dan diakhiri dengan ujian kompetensi. Ujian ini diikuti oleh lulusan ilmu gizi atau mahasiswa yang telah menyelesaikan setidaknya 125 SKS.

Alumni Program Studi Ilmu Gizi Universitas Darussalam Gontor juga mengikuti ujian ini. Dua puluh enam orang yang baru saja diwisuda Juli lalu mengikuti ujian di Solo, Semarang, Depok, Yogyakarta, dan Surabaya. Selain alumni, dua orang dosen juga terlibat sebagai pengawas ujian yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 28 September 2019. Ujian terdekat dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), dimana Ustadzah Fatimah dan Ustadzah Fitri bertugas sebagai pengawas ujian. Sepuluh orang alumni mengikuti ujian di tempat ini.

Rangkaian ujian pada bulan September di UMS diawali dengan briefing tanggal 28 September 2019 yang wajib diikuti oleh seluruh peserta ujian beserta pengawas lokal dan dua orang pengawas pusat dari AIPGI. Briefing bertujuan untuk memberitahukan peraturan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan dan dibawa oleh peserta selama ujian. Selain itu juga ada pemberitahuan pengisian data diri sehingga peserta tidak keliru saat mengisi lembar jawab computer (LJK). Setelah pembacaan peraturan selesai, peserta berbaris untuk melakukan validasi dan pemberian cap di kartu ujian. Setelah briefing peserta, pengawas briefing bersama Bapak Toto Sudargo dan Bapak Agung selaku panitia pusat dari AIPGI.

Pada hari Sabtu, 29 September 2019 jam 6.30 WIN panitia dan pengawas sudah berkumpul untuk selanjutnya membuka koper berisi buku soal, lembar jawaban, berbagai blangko yang harus diisi oleh pengawas, dan alat tulis yang disediakan untuk peserta yang kekurangan alat tulis. Pembukaan koper disaksikan oleh semua pengawas dan panitia lokal, serta dua orang peserta. Setelah pembukaan dan pembagian amunisi pada semua pengawas, pengawas bergegas menuju lokasi ujian.

Ujian di UMS terbagi menjadi 9 kelas kecil berisi 20 orang peserta dan 1 kelas besar berisi 60 orang peserta. Ujian dilaksanakan selama 3 jam mulai pukul 8.00 WIB hingga 11.00 WIB. Baik peserta maupun pengawas tidak diizinkan membawa telepon seluler maupun buku di ruang ujian. Ujain 180 soal tersebut diselesaikan dengan baik oleh para peserta.

Selesai pelaksanaan ujian, para peserta dipersilakan pulang ke tempat masing-masing. Sementara pengawas masih melakukan pengecekan ulang, dan pengisian berbagai blangko seperti surat berita acara. Setelah semua rangkaian kegiatan selesai, seluruh pengawas melakukan foto bersama, lalu bersalaman sebelum pulang ke kampus masing-masing. (Fikosa)

One thought on “Ujian Kompetensi Gizi 2019

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *