Search in:

Studi Banding Fakultas Ilmu Kesehatan ke Beberapa Universitas di Yogyakarta

Senin tepat pada tanggal 7 Oktober 2019, Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) UNIDA Gontor pada hari Senin mengadakan studi banding ke beberapa laboratorium di tiga universitas di Indonesia, yaitu Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) UGM, Politeknik Kesehatan Yogyakarta (Polkesyo), dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UII. Dekan FIK, Wakil Dekan II FIK, Kaprodi Farmasi, Ustadz Suyanto dan Ustadz Miftahul Huda berangkat bersama dengan satu orang dosen dari Prodi Ilmu Gizi dan empat orang laboran baik dari Gizi maupun Farmasi.

Sesampainya di Yogyakarta, rombongan langsung menuju ke FTP UGM, tepatnya di Departemen Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian. Rombongan disambut oleh sekretaris departemen, Dr. Ria Millati, S.T., M.T. dan satu orang dosen di bidang pangan gizi, Dwi Larasatie Nur Fibri, STP, M.Sc., PhD. di ruang sidang departemen, tepatnya di Gedung Baru lantai 3. Setelah beramah tamah, rombongan diantarkan untuk melihat Laboratorium Sensori di lantai 2.

Laboratorium yang berfungsi sebagai tempat mencoba berbagai bahan makanan ini berbentuk bilik-bilik kecil. Panelis (yang mencicipi makanan) masuk lewat pintu yang berbeda. Panelis tidak mengetahui bahan apa yang akan disajikan oleh penyaji yang ada di balik bilik. Meja dalam bilik maupun meja penyajian dibuat dari bahan yang datar dan mudah dibersihkan seperti polivinil dan stainless steel. Bila bahan terbuat dari keramik, sela-sela keramik yang sulit dibersihkan bisa menyebabkan kontaminasi pada makanan yang akan disajikan.

Setelah dari FTP UGM, rombongan bertolak ke Gamping, Sleman. Tepatnya menuju ke Polkesyo. Di ruang Garuda III, rombongan diterima oleh wakil ketua Polkesyo beserta jajarannya. Setelah beramah tamah, rombongan dipersilakan menuju ke berbagai laboratorium gizi, terutama laboratorium penyelenggaraan makanan. Tujuan utama rombongan UNIDA Gontor ke Polkesyo adalah untuk melihat bagaimana pemasangan kitchen set di laboratorium penyelenggaraan makanan. Setelah puas melihat laboratorium penyelenggaraan makanan, rombongan beranjak ke laboratorium lain. Seperti mini klinik dan laboratorium terpadu. (Fikosa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *