Search in:

Mahasiswi gizi, membuat minuman serbuk dari secang dan jahe.

Serbuk instan adalah produk pangan tanpa air tetapi mudah ditambahkan air, mudah larut dan siap diminum. Salah satu contoh serbuk minuman instan adalah serbuk minuman jahe dan secang instan. Keunggulan dari minuman instan adalah mempermudah penyimpanan dan distribusi, serta peningkatan mutu karena hilanganya air.

Pembuatan serbuk instan jahe dan secang menggunakan prinsip kristalisasi. Kristalisasi adalah proses pembentukan kristal padat dari suatu larutan induk yang homogen. Dewasa ini kristalisasi menjadi suatu proses industri yang sangat penting, karena semakin banyak hasil industri kimia yang dipasarkan dalam bentuk kristal. Bentuk kristal semakin banyak diminati karena kemurniannya yang tinggi, dengan bentuk yang menarik serta mudah dalam pengepakan dan trasportasi. Dari segi kebutuhan energi, kristalisasi memerlukan energi lebih sedikit dibandingkan distilasi atau metode pemisahan yang lain.

Komponen bahan pangan yang terutama berperan membentuk kristal adalah air, gula, alkohol, lemak, dan pati. Pada praktikum ini mahasiswa membuat minuman dari secang, jahe, serta campuran secang dan jahe. Adapun proses pembuatannya adalah pertama membuat larutan jahe/secang yaitu 100 g jahe dan 500 ml air lalu merebus larutan jahe/secang dengan penambahan gula 1 kg sampai menjadi kristal lalu diblender dan diayak.
Selamat Mencoba 🙂
(Yusrina)

1.040 thoughts on “Mahasiswi gizi, membuat minuman serbuk dari secang dan jahe.

zoom

zoomZoom88.net, online gambling website, football betting, casino, slots, lottery, complete online betting, automatic deposit and withdrawal system, 100% safe, receive the highest 1% commission from friends who recommend Sign up for free No minimum deposit Open to care for everyone 24 hours a day.

Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *