Search in:

Workshop Nutrition Care Process (NCP) Basic

Sabtu, 2 November 2019. Universitas Darussalam Gontor (UNIDA) diundang dalam kegiatan workshop Nutrition Care Process (NCP) basic oleh program studi gizi FKM Universitas Airlangga. Workshop berlangsung pukul 7.30 hingga 16.00. Pukul 08.45, MC kegiatan mengawali acara dengan doa kemudian dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Pembukaan kegiatan diberikan oleh Bapak Dr. Ir. Catur Adi, M.Si, selaku ketua program studi ilmu gizi fakultas kesehatan masyarakat.

Beliau menuturkan, saat ini era 4.0 esok hari bisa jadi akan melaju menuju 5.0. Perkembangan teknologi masa kini mempermudah akses informasi dari berabagi sumber mengenai banyak hal sehingga ilmu gizi pun juga perlu mengikuti laju zaman. Pekembangan ilmu gizi perlu didukung oleh berbagai pihak supaya semakin tepat dan cepat dalam menanggulangi permasalahan gizi, salah satunya perlu meningkatkan kompetensi para ahli gizi tentang NCP. Peningkatan ini dapat dilakukan bersama sama seperti kegiatan wokshop saat ini. Begitu sambut beliau dalam pembukaan acara.

Acara yang dihadiri oleh 200an peserta ini mengundang Ibu Unjiati S.KM., M.Kes, RD selaku perwakilan dari ASDI DPD Jawa Timur sebagai pemateri pertama. Selain ketua AsDI Jatim beliau juga memangku kepala intalasi gizi di Rumah Sakit Umum Haji Surabaya sejak tahun 2013. Beliau memulai materi dengan seklias informasi tentang Permenkes No.26 tahun 2013. Berdasarkan permenkes tersebut tenaga gizi saat ini sudah dilindungi oleh undang – undang dan mulai perlahan diakui keprofesiannya secara formal oleh negara.

Wanita kelahiran tanah Blitar tersebut juga mengungkapkan bahwa tenaga diperbolehkan membuka konsultasi atau praktik gizi secara pribadi layaknya dokter umum dengan beberapa ketentuan yang mengikuti seperti sekolah profesi, membuat SIK dan SIP. Setelah memperkenalkan Permenkes No.26 tahun 2013, beliau mengingatkan kami kembali tentang pengasuhan asuhan gizi terstandar mulai dari skrining hingga monitoring dan evaluasi. Tidak lupa beliau menyampaikan bagaimana NCP dirasakan oleh mahasiswa, berat. Iya memang sangat berat diawal karena perlu menghafal berbagai macam terminologi belum mencocokan mana diagnosis yang tepat dengan asesmen yang ada. Namun, inilah yang menjadikan ahli gizi diakui, kestandaran bahasa penyampaian, sehingga setiap profesi lain yang bekerja sama dengan gizi merasa terbantu. Ketika praktek di lapangan NCP yang dirasa berat bahkan lebih menyenangkan untuk digeluti.

Setelah materi pertama selesai, kegiatan dilanjutkan dengan cofee break dengan jajanan yan telah disediakan oleh pihak panitia sekitar 15 menit. Pemateri kedua tidak kalah keren yaitu Ibu Endah Bardiati, S.Gz. Beliau merupakan kepala instalasi gizi di Rumah Sakit Mitra Keluarga yang terletak di perumahan elite Surabaya. Beliau memaparkan tentang Intervensi, Monitoring serta Evaluasi berupa tips dan bagaimana harus beripikir kritis tentang penyakit tersebut. Selain itu, beliau juga mendorong para ahli gizi yang lain agar tidak takut berkoordinasi dengan teman sejawat lain seperti doketr, perawat dan sebagainya. Bila memang kondisi dari ahli gizi tidak dapat menyanggupi suatu kondisi sampaikan untuk meminta bantuan dari pihak lain. Teamwork sangat penting dilakukan untuk meningkatkan pelayanan terhadap pasien. Begitu sekilas penyampaian wanita yang sudah 15 tahun bergelut di dunia gizi klinik.

Setelah materi kedua, kegiatan dilanjutkan dengan workshop yaitu pelatihan soal NCP . Seluruh peserta dibagi menjadi 10 kelompok dan masing-masing kelompok memiliki satu fasilitator. Kami mendapatkan kelompok 10 dengan kasus Open fracture impres frontal dengan pasien anak SMA usia 16 tahun. Kami diminta mengerjakan soal dalam waktu dua jam termasuk pembuatan menu dan monitoring evaluasinya. Di akhir pelatihan diberikan kesempatan kepada perwakilan dua kelompok untuk menyampaikan hasil diskusi. Kegiatan ini tidak hanya diikuti oleh mahasiswa maupun dosen tetapi juga praktisi gizi di puskesmas, rumah sakit dan instansi lainnya. Dari yang awal hingga senior di bidangnya. Kegiatan ditutup dengan pembagian doorprize serta sertifikat.  Materi kegiatan dapat diunduh melalui link berikut. (Nabawiyah)

Kalian bisa download mater disini

One thought on “Workshop Nutrition Care Process (NCP) Basic

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *