Search in:

Internasional Halal Festival Universitas Brawijaya. 27 – 28 November 2019

Delegasi UNIDA Gontor yang terdiri dari dosen prodi gizi, farmasi, manajemen bisnis dan teknologi industri pertanian dan mahasiswa dari prodi gizi dan teknologi industri pertanian Mengikuti Internasional Halal & Thayyib Conference 2019 dengan tema Award a Halal and Thayyib World: Strategies for New Halal Landscape.

Acara pembukaan dihadiri oleh Wakil Presiden RI (Prof. Dr. Ma’ruf Amin), Menteri koperasi dan UMKM (Drs. Teten Masduki), Gubernur Jatim (Dra. Khofifah Indar Parawansa, M.Si) dan ketua BPJPH (Prof. Sukoso)

Sambutan pertama dari Rektor Universitas Brawijaya. Acara ini sekaligus untuk launching Konsorsium Pusat Halal di Jatim dan LPH Brawijaya. Selain itu Universitas Brawijaya melakukan MoU dengan Menteri koperasi dan UMKM sebagai upaya mendorong UMKM bersertifikasi halal, karena koperasi adalah soko guru perekonomian Indonesia, perlu didukung oleh pemerintah. UB pun merencanakan membangun rumah sakit pendidikan standart halal.

Sambutan gubernur Jatim, Saat ini Jawa Timur sedang melakukan uji coba dua pasar di Kota Malang menjadi pasar halal, jika sukses akan diteruskan di daerah Sidoarjo. Selain itu sedang menerapkan Training Julaeha : juru penyembelih halal di pasar2-pasar tradisional. Support Sinergisitas antara UB dan Unair menjadi pionir Rumah Sakit pendidikan halal dan produk halal.

Wakil Presiden RI menyampaikan bahwa Indonesia tahun 2019 menduduki peringkat 1 dari 6 negara dunia. Menurut Global islamic report 2019, Brazil merupakan exportir terbesar pasar halal dunia. Indonesia hanya menjadi konsumen terbesar pasar halal dunia, belum menjadi exportir pasar halal dunia. Seharusnya Indonesia mampu menjadi produsen produk halal terbesar dunia.

Dari sisi sertifikasi halal, Indonesia memiliki lembaga sertifikasi halal terbaik di dunia. Banyak negara di dunia menggunakan LPPOM MUI untuk menyetujui sertifikasi halal di negaranya. Sebagai contoh penghormatan, Korea mengibarkan 500 bendera merah putih di korea saat mengundang LPPOM MUI untuk lembaga sertifikasi halalnya. (Fathimah,Ed Pibriyanti, 2019)

One thought on “Internasional Halal Festival Universitas Brawijaya. 27 – 28 November 2019

ig

Does your site have a contact page? I’m having
trouble locating it but, I’d like to shoot you an e-mail.
I’ve got some creative ideas for your blog you might be interested in hearing.
Either way, great site and I look forward to seeing it develop over time.

Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *