Search in:

Penerimaan sertifikat dan transkrip nilai hasil Uji Kompetensi (UKOM) Nutrisionis Nasional lulusan Prodi Gizi tahun 2019

Uji Kompetensi merupakan suatu langkah atau tahap bagi lulusan pendidikan gizi untuk medapat Surat Tanda Registrasi (STR) yang selanjutnya digunakan untuk mendapat Surat Ijin Kerja atau Surat Ijin Praktek (bagi profesi gizi/RD). Uji kompetensi ini dilaksanakan dalam bentuk ujian tulis yang diselenggarakan oleh Asosiasi Institusi Pendidikan Tinggi Gizi Indonesia (AIPGI).

Salah satu syarat yang harus dimiliki, terutama yang ingin bekerja di bidang pelayanan kesehatan (rumah sakit, dinas kesehatan, dan sebagainya) adalah harus memiliki surat ijin kerja yang diperoleh ketika seseorang tersebut telah mengikuti uji kompetensi dan dinyatakan lulus.

Tahun 2019 merupakan pelaksanaan UKOM kedua bagi nutritionis, termasuk UKOM kedua bagi lulusan prodi gizi UNIDA Gontor bertepatan dengan angkatan kedua lulusan prodi gizi UNIDA Gontor.

Penerimaan transkrip nilai UKOM peserta dari UNIDA Gontor  tahun 2019

Penyerahan hasil UKOM dan sertifikat UKOM nutrisionis dilakukan pada hari Senin, 2 Desember 2019 oleh AIPGI dan PERSAGI dengan mengundang seluruh Dekan / Ketua Stikes dan ketua program studi peserta UKOM Nutrisionis Nasional untuk diberikan secara langsung sertifikat dan transkrip nilai UKOM lulusannya.

Kehadiran para Dekan dan Ka.Prodi akan lebih menguatkan program perbaikan UKOM nutrisionis karena sebelum penyerahan hasil UKOM, dipaparkan terlebih dulu hasil nasional dan kelemahan pokok bahasan dari hasil UKOM. Sehingga kedepannya dapat menjadi panduan tiap universitas dan tiap lulusan atas kelemahannya masing-masing untuk dapat ditingkatkan nilainya dengan program-program persiapan UKOM.

Mulai tahun 2020, UKOM nutrisionis akan menerapkan nilai batas lulus, sehingga peserta UKOM yang  nilainya kurang dari batas lulus disarankan mengikuti retaker (mengulang pada UKOM selanjutnya. Dan dimulai tahun depan pula, akan diterapkan metode CBT (Computer Based Test) untuk UKOM Nutrisionis. (Fathimah)

3 thoughts on “Penerimaan sertifikat dan transkrip nilai hasil Uji Kompetensi (UKOM) Nutrisionis Nasional lulusan Prodi Gizi tahun 2019

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *