Search in:

MENGENAL DIET DASH, DIET UNTUK HIPERTENSI

Dewasa ini banyak masyarakat yang memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi. Hal ini antara lain dihubungkan dengan adanya gaya hidup yang semakin maju dengan adanya tekhnologi yang memudahkan kita sehingga sebagian masyarakat lupa untuk melakukan aktivitas fisik ataupun olahraga, beberapa resiko penyakit hipertensi lain seperti stress, obesitas (kegemukan), merokok, alkohol, dan makan makanan yang tinggi kadar lemaknya. Hipertensi merupakan keadaan tekanan darah sistolik sama dengan atau diatas 140 mm/Hg dan atau tekanan darah diastolik sama dengan atau diatas 90 mm/Hg.

Diet DASH adalah singkatan dari Dietary Approach to Stop Hypertension, jenis diet ini pertama kali diperkenalkan dalam pertemuan american heart association pada tahun 1996 kemudian dipublikasikan melalui new england journal of medicine tahun 1997. Diet dash adalah diet yang menyarankan konsumsi makanan rendah lemak jenuh, kolesterol, dan lemak total, serta meningkatkan konsumsi buah dan sayur dengan jumlah porsi 4-5 porsi/hari, produk susu tanpa lemak atau rendah lemak, gandum utuh dan kacang-kacangan. Dibandingkan dengan diet lain, diet dash dapat memberikan kalium, magnesium, kalsium, protein, dan serat lebih tinggi yang dipercaya dapat mengontrol tekanan darah.

Diet DASH bertujuan untuk menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi dan dapat digunakan sebagai langkah preventif terhadap penyakit hipertensi. Diet dash dapat digunakan dengan tujuan untuk terapi penurunan berat badan serta penurunan kadar kolesterol.

Bahan makanan yang dianjurkan gandum utuh, beras, oats, kentang, singkong, ikan, daging unggas tanpa kulit, kacang-kacangan segar, sayuran da buah-buahan segar. Adapun bahan makanan yang tidak dianjurkan yaitu nasi uduk, biskuit yg diawetkan dengan natrium, daging merah bagian lemak, ampela, ati, ikan kaleng, sayuran kaleng, buah kaleng, asinan, mayonaise, vetsin, kecap, bumbu instan. (yusrina)

Sumber: Persagi dan Asdi. 2019. Penuntun Diet dan Terapi Gizi Edisi 4. EGC. Jakarta

One thought on “MENGENAL DIET DASH, DIET UNTUK HIPERTENSI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *