Search in:

Keajaiban ASI dalam Kesehatan Anak

Ahad 29 Desember 2019, dalam Pengabdian Masyarakat Program Studi Ilmu Gizi mendapatkan kesempatan untuk mengisi kajian gizi dalam islamisasi di Masjid At-Taqwa Sambirejo Kecamatan Mantingan Kabupaten Ngawi. Ibu Amilia Yuni Damayanti, S.Gz, M.Gizi mendapatkan gizliran untuk mengisi dengan tema “Keajaiban ASI dalam kesehatan anak”.

Pemberian air susu ibu (ASI) sudah terbukti mengoptimalkan tumbuh kembang dan kecerdasan anak serta mencegah anak menjadi kegemukan dan obesitas. Kegemukan dan obesitas pada anak berisiko berlanjut ke masa dewasa, dan merupakan faktor risiko terjadinya berbagai penyakit metabolik dan degeneratif seperti penyakit kardiovaskuler, diabetes mellitus, kanker, osteoartritis, dan lain-lain. Pada anak, kegemukan dan obesitas juga dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan  yang sangat merugikan kualitas hidup anak seperti gangguan pertumbuhan tungkai kaki, gangguan tidur, sleep apnea (henti napas sesaat) dan gangguan pernafasan lain.

Pemberian ASI secara eksklusif pada enam bulan pertama kehidupan bayi dan pemberian makanan pendamping ASI yang tepat dan benar sampai anak berusia dua tahun belum sepenuhnya diadopsi menjadi perilaku sehat dalam keluarga.

Dalam ayat yang mulia ini Allah Ta’ala menjelaskan tentang hak menyusu bagi seorang anak dan kewajiban seorang ibu untuk menyusuinya serta kewajiban bagi seorang ayah untuk mencukupi kebutuhan mereka baik mereka dalam kondisi belum bercerai atau telah bercerai. Anjuran itu mengandung hikmah bagi kesehatan si anak sekaligus untuk mengembangkan anak-anak yang sehat, membina generasi muda yang kuat dan mengembangkan sumber daya manusia yang berkualitas. ASI merupakan makanan yang terbaik bagi bayi karena di dalamnya mengandung semua zat gizi yang diperlukan bayi serta mengandung zat kekebalan yang melindungi bayi dari berbagai kuman penyakitAllah Ta’ala berfirman:

وَالْوَالِدَاتُ يُرْضِعْنَ أَوْلادَهُنَّ حَوْلَيْنِ كَامِلَيْنِ لِمَنْ أَرَادَ أَنْ يُتِمَّ الرَّضَاعَةَ وَعَلَى الْمَوْلُودِ لَهُ رِزْقُهُنَّ وَكِسْوَتُهُنَّ بِالْمَعْرُوفِ لا تُكَلَّفُ نَفْسٌ إِلا وُسْعَهَا لا تُضَارَّ وَالِدَةٌ بِوَلَدِهَا وَلا مَوْلُودٌ لَهُ بِوَلَدِهِ وَعَلَى الْوَارِثِ مِثْلُ ذَلِكَ فَإِنْ أَرَادَا فِصَالا عَنْ تَرَاضٍ مِنْهُمَا وَتَشَاوُرٍ فَلا جُنَاحَ عَلَيْهِمَا وَإِنْ أَرَدْتُمْ أَنْ تَسْتَرْضِعُوا أَوْلادَكُمْ فَلا جُنَاحَ عَلَيْكُمْ إِذَا سَلَّمْتُمْ مَا آتَيْتُمْ بِالْمَعْرُوفِ وَاتَّقُوا اللَّهَ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ (٢٣٣

Artinya: “Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan. Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara ma’ruf. Seseorang tidak dibebani melainkan menurut kadar kesanggupannya. Janganlah seorang ibu menderita kesengsaraan karena anaknya dan seorang ayah karena anaknya, dan warispun berkewajiban demikian. Apabila keduanya ingin menyapih (sebelum dua tahun) dengan kerelaan keduanya dan permusyawaratan, maka tidak ada dosa atas keduanya. Dan jika kamu ingin anakmu disusukan oleh orang lain, maka tidak ada dosa bagimu apabila kamu memberikan pembayaran menurut yang patut. Bertakwalah kamu kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.” (Al-Baqarah: 233).

ASI memiliki banyak keuntungan dan manfaat baik bagi ibu yang menyusui, bayi, keluarga dan masyarakat.

1. Keuntungan  dan manfaat pemberian air susu ibu bagi ibu adalah:

  • melindungi kesehatan ibu (mengurangi perdarahan pasca persalinan,
  • mengurangi risiko kanker payudara dan indung telur, mengurangi anemia),
  • memperpanjang kehamilan berikutnya dan menghemat waktu.

2. Manfaat bagi bayi sendiri adalah ASI merupakan makanan terbaik bagi bayi:

  • meningkatkan imunitas (mengurangi risiko diare, infeksi jalan nafas, alergi dan infeksi lainnya)
  • dan aspek psikologis (mempererat hubungan ibu dan bayi, meningkatkan status mental dan intelektual).

3. Sedangkan manfaat bagi keluarga antara lain peningkatan status kesehatan dan gizi ibu dan bayinya serta penghematan biaya.

Dan manfaat untuk masyarakat dan negara adalah berkontribusi untuk pengembangan ekonomi, melindungi lingkungan (botol-botol bekas, dot, kemasan susu dll) dan menghemat sumber dana yang terbatas dan kelangkaan pangan, berkontribusi dalam penghematan devisa negara serta menciptakan masyarakat yang sehat.

Semoga bermanfaat 🙂

Artikel terkait

MANFAAT SUSU BAGI KESEHATAN: Meningkatkan Imun dll

ANEKA OLAHAN TEMPE BAGI PARA MILINEAL: biji kedelai mengandung zat fitokimia yaitu…

Manfaat Kacang Merah Bagi Kesehatan

KEJU LEMAK ternyata adalah makanan imun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *