Search in:

BAHAYANYA KOL GORENG BAGI TUBUH

Bagi kita bukanlah sesuatu yang asing lagi jika kita memakan sayur, selain untuk memenuhi kebutuhan tubuh yang mengandung zat gizi makanan ini sering disebut 4 sehat 5 sempurna yang terdiri dari nasi, lauk pauk, sayur-mayur, buah-buahan dan susu.

Dalam ragamnya sayur sangat banyak sekali. Sayur adalah salah satu cara paling sederhana yang dapat di lakukan untuk membuat hidup lebih sehat dengan banyak mengonsumsi sayuran hijau.

Pada pembahasan kali ini kita akan membahasa salah satu manfaat sayur, yaitu kol. Sayuran dengan tekstur berlapis ini mengandung banyak vitamin. Antara lain vitamin A, B1, B2, B6, E, C dan K. Selain itu kol juga memiliki mineral yang di butuhkan oleh tubuh seperti Kalsium, Zat Besi, Yodium, Kalium, Belerang, Fosfor Dan Folat. Sayur ini bisa di masak dengan merebus, mengukus bahkan di buat jus.

Sayur kol memiliki beberapa manfaat, sebagi berikut:

  • Dapat menurunkan berat badan
  • Detoksifikasi tubuh
  • mengontrol gula darah
  • Menyehatkan kulit

Kol juga memiliki manfaat yang mengandung zat antikanker dan dapat menurunkan resiko kanker pada seseorang, karna mengandung banyak senyawa sulforaphane. Dan mengandung apigenin yang dapat menurunkan ukuran kanker payudara. Kol juga bermanfaat untuk kesehatan jantung serta dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan pencernaan.

pada saat ini bagi pencinta pecel lele menjadikan kol goreng primadona, karna rasa yang dihasilkan kol setelah di goreng menjadi gurih dan manis. Sensasi renyah, krispy dan keriuknya membuat orang ketagihan

Namun dengan mengoreng dengan suhu tinggi dan dengan minyak goreng yang di gunakan berkali-kali justru malah menghaasilkan beragam resiko bagi kesehatan tubuh.

Menurut ahli gizi Jansen Ongko ” apapun jenis sayurnya apabila di goreng, itu memang betul menurunkan kandungan gizinya”

Berikut alasan-alasan:

1. Merusak nutrisi yang terkandung di dalam kol

Makanan yang di goreng memang nikmat, tidak terkecuali kol. Namun peroses penggorengan justru dapat menghancurkan beberapa jenis viamin yang terkandung pada kol, seperti vitamin A, B, C dan K. Secara alamiah beberapa jenis vitamin tersebut memang rentang rusak akibat pemanasan.

2. Dapat memicu kanker

Menggoreng kol dengan suhu panas dan minyak yang telah digunakan berkali-kali akan membuat kol mengalami proses oksidasi, sehinga kandungan radikal bebasnya meningkat. Selain itu mengoreng kol terlalu lama juga akan merangsang munculnya senyawa amina heterosiklik yang bersifat karsinogenik, senyawa inilah yang kemudian bisa menjadi pemicu kanker.

3. Dapat menyebabkan obesitas dan serangan jantung

Kol sebenarnya bermanfaat untuk kesehatan jantung karna tidakmengandung kolestrol dan lemak yang berbahaya. Namun ketika digoreng dengan suhu yang tinggi, kol akan menyerap minyak goreng. Kandungan lemak jenuh dan kolestrol dalam minyak goreng dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti obesitas dan penyakit jantung.

(Aila Annafi’an Zaini_Farmasi_Ed NH)

One thought on “BAHAYANYA KOL GORENG BAGI TUBUH

clash of clans

Normally I don’t read article on blogs, however I would like to
say that this write-up very pressured me to check out and do
so! Your writing taste has been amazed me. Thank you, very nice article.

Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *