Search in:

LKMM IKATAN LEMBAGA MAHASISWA GIZI INDONESIA

Sabtu 1 Februari 2020 lalu ILMAGI mengadakan latihan kepemimpinan di bawah kepanitiaan Universitas Nahdatul Ulama Surabaya yang dihadiri oleh beberapa Univesitas yang bergabung dalam ILMAGI salah satunya adalah Univesitas Darussalam Gontor.

Peserta yang akan berpartisipasi dalam acara Pra-munas Nasional dan LKMM adalah para staff anggota ILMAGI dan delegasi dari setiap universitas yang telah terpilih sebagai Essay terbaik dari seluruh Universitas di Indonesia yang menjadi anggota ILMAGI. Dalam berjalannya acara ini, Universitas Darusslaam Gontor mengirim delegasi selaku peserta Pra-munas Nasioanl dan LKMM. Sebagai  peringkat prestasi yang diraih oleh dua delegasi essay terbaik berikut adalah Alimatur Rahmah Alfaini dan Asih Putri Hariyanti. Acara tersebut dihadiri beberapa pemateri untuk ikut berpartisipasi dalam pengembangan intelektual peserta acara, berikut review materi dari 3 pemateri:

1. Pemateri: Bapak Arif Kresna Setiadi, S.GzDosen Gizi Universitas Nahdatul Ulama Surabaya. Topik: Etika Organisasi

2. Pemateri: Ibu Friska Ayu, S.KM, M.KKK. Dosen K3 Universitas Nahdatul Ulama Surabaya.Topik: Self Leadership

3. Pemateri: Dr.rer.Nat.Nasori.M.Si. Dosen Sistem Informatika Universitas Nahdatul Ulama Surabaya. Topik: Pentingnya Teknologi di Era 4.0 dan Pengaplikasian di Dalam Suatu Organisasi

Berikut gabungan review dari 3 pembicara dengan 1 tema yaitu “Aktualisasi Kepemimpinan Serta Intelektual Mahasiswa Gizi dalam Membangun Ketahanan Nasional Menuju Era Refolusi Industri 4.0”

Etika organisasi penting yakni adab, sopan santun, perilaku, akhlak dan sebagainya dalam organisasi maka anggota organisasi dapat saling menghormati, peduli, dan menghormati satu sama lain hingga dapat menciptakan ukhuwah yang lebih kuat.

Selfleader dari kata pe-mimpi menjadi pemimpin. Artinya jangan pernah takut untuk bermimpi, biasanya orang akan mengatakan “kalau bermimpi engga usah tinggi-tinggi, orang jatuhnya juga ke tanah,” abaikan saja perkataan seperti itu karena jika kita bermimpi setinggi-tingginya, maka kita akan jatuh ke bintang. Selfleader atau pemimpin Perlu diketahui bahwa seorang pemimpin harus menjadi pemimpin untuk dirinya terlebih dahulu. Bagaimana bisa menjadi seorang pemimpin jika dirinya sendiri pun tak mampu ia pimpin.

Maka selfleader dalam dirinya pun juga harus diasah, yang berupa:

  • Integritas tinggi
  • Komunikasi
  • Kreatif
  • Motivator
  • Belajar dari pengalaman

Terakhir adalah pentingnya teknologi di era 4.0 dan pengaplikasian di dalam organisasi. Refolusi industri dimana internet adalah sesuatu yang harus ada dimana manusia berada. Jika meninginkan baju baru atau kebutuhan yang lainnya, pengguna internat dapat membuka satu aplikasi yang dapat memenuhi kebutuhan manusia. Sekarang pun jika ingin konsultasi dengan dokter pasien dapat membuka apikasi yang bersangkutan lalu akan dibimbing ke dokter yang dituju. Luar biasa bukan? Lalu pengaplikasiannya di suatu organisasi adalah membuat seperti grup obrolan untuk mempermudah komunikasi satu sama lain. Harapan kedepan di era industri ini para pemuda-pemudi maupun orang dewasa diharapkan dapat menggunakan fasilitas yang ada dengan sebaik-baiknya. (Ara dan Asih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *