Search in:

ANEKA OLAHAN TEMPE BAGI PARA MILINEAL

Produk olahan kedelai yang satu ini dikenal dengan nama tempe. Tempe bagi masyarakat Indonesia merupakan makanan favorit yang selalu tersedia di rumah. Biasaanya tempe diolah menjadi berbagai hidangan seperti digoreng, direbus dan ditumis serta olahan lainnya. Tempe dibuat dari biji kedelai yang difermentasi menggunakan kapang jenis Rhizopus sp. Kapang yang tumbuh akan membentuk hifa yaitu benang putih yang meyelimuti permukaan biji kedelai dan membentuk miselium yang  mengikat biji kedelai satu sama lain. Kandungan gizi tempe yang baik dalam menjaga kesehatan tubuh dapat dijadikan alternatif jajanan sehat bagi para kaum milenial khususnya. Tempe mangandung zat gizi makro maupun mikro dan zat gizi makro yang bermanfaat bagi tubuh. Berikut merupakan kandungan gizi tempe kedelai per 100 gram

Energi 201 kkal
Protein 20,8 g
Lemak 8,8 g
Karbohidrat 13,5 g
Serat 1,4 g
Kalsium 155 mg
Fosfor 326 mg
Besi 4 mg
Seng 1,7 mg

Sumber    : (Kemenkes, 2018)

Menurut beberapa penelitian kandungabiji kedelai mengandung zat fitokimia yaitu  isoflavon terutama jenis daidzein dan genistein.  Isoflavon termasuk dalam kelompok fenol, yang memungkinkan keterikatannya pada, dan aktivasi estrogen reseptor. Pada inti sel dari jaringan target, isoflavon berikatan dengan ER dan mengatur ekspresi gen.  Pengaturan isoflavon dalam ekspresi gen tersebut dapat berfungsi dalam menjaga kesehatan sel manusia sehingga dapat mencegah terjadinya penyakit tidak menular seperti diabetes milletus, hipertensi, kardiovascular dan juga dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Olahan-olahan tempe yang cocok bagi kaum milenial di zaman yang modern ini dapat berupa :

1. Sosis Tempe

Sosis merupakan salah satu jenis jajanan yang biasanya dibuat dari daging sapi maupun ayam. Alternatif  bahan lain yang dapat digunakan dalam pembuatan sosis yakni tempe. Cara pembuatan sosis tempe sama halnya seperti membuat sosis pada umunya. Adapun bahan-bahan yang dibutuhkan berupa 72 gram tempe, 38 gram putih telur, 7,5 gram tepung tapioka, 28 gram minyak sayur/jagung, dan chasing (pembungkus sosis) secukupnya. Adapun bumbu-bumbu yang dibutuhkan terdiri dari ½ gram bawang putih dihaluskan, garam, gula dan lada secukupnya.

Cara membuat sosis tempe pertama menghaluskan tempe dengan cara digiling atau ditumbuk. Sesudah tempe benar-benar halus tambahkan putih telur sembari mencampurkan bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan, air es serta tepung tapioka. Aduk sampai bahan tercampur rata. Masukkan minyak jagung kedalam campuran bahan-bahan diatas sambil terus diaduk-aduk sampai adonan bahan menjadi pasta. Masukkan adonan bahan diatas kedalam pembungkus sosis yang telah disediakan. Masukkan hingga mencapai panjang tertentu lalu ikat bagian ujungnya dengan kuat. Proses yang terakhir malakukan perebusan 10 menit dan kemudian pengukusan selama 20-30 menit. Berikut merupakan kandungan gizi sosis tempe

Energi Protein Lemak Karbohidrat Zink Zat Besi
322,8 kkal 11 g 4,7 g 57,8 g 4,03 mg 5,3 mg

 Sumber : (Susianto dan Ramayulis, 2013)

Hidangan ini cocok dijadikan sebagai makanan selingan, dapat juga dijadikan sebagai lauk, tetapi karena kandungan proteinya moderat maka harus ditambah dengan lauk lain sebagai sumber protein. Satu porsi hidangan ini mengandung asam lemak esensial sebesar 0,7 % (kebutuhan yang dianjurkan 1-3 %  setiap hari).

2. Es Krim Tempe

Es krim banyak diminati baik bagi kalangan muda maupun tua. Es krim biasanya dibuat dari campuran susu atau sari buah yang dibekukan sehingga akan membentuk gumpalan cream yang membeku. Es krim berbahan dasar tempe masih jarang ditemukan di pasaran, eskrim yang banyak ditemukan biasanya berasal dari sirup rasa buah dan coklat. Tenyata tempepun dapat digunakan dalam campuran pembuatan es krim.

Berikut merupakan cara pembuatan es krim pertama membuat sari tempe yaitu tempe dipotong keciil-kecil kemudian di blanching dengan air pada suhu 60 0 C lalu ditiriskan. Menghaluskan tempe yang sudah di blanching dengan air panas pada suhu 80 0 C selama 15 menit lalu disaring menggunakan kain saring. Melakukan pasteurisasi dalam suhu 80 o C selama 10 menit. Tempe sedikit mengeluarkan bau langu untuk itu maka di tambahkan jahe untuk menghilangkan bau langu tersebut.

Proses selanjutnya sari tempe dan jahe dicampurkan  dengan perbandingan yaitu  9:1, kemudian ditambahkan susu skim 10%, whipping cream 10% (b/b), gula 12% (b/b), lesitin kedelai 0.25% (b/b), penstabil 0.25% (b/b), dihomogenisasi dengan mixer selama 2-3 menit, dilakukan proses aging pada suhu 4oC selama 6 jam, dihomogenisasi dengan ice cream maker selama 1 jam kemudian dibekuan dalam freezer -15o C selama 4 jam.  Berikut merupakan kandungan gizi es krim tempe

Energi Protein Lemak Karbohidrat Zink Zat Besi
212,5 kkal 14,2 g 6,02 g 26 g 5,3 mg 6,28 mg

 Sumber : (Susianto dan Ramayulis, 2013)

Indahtul Mufidah

Artikel Terkait

MANFAAT SUSU BAGI KESEHATAN: Meningkatkan Imun dll

Keajaiban ASI dalam Kesehatan Anak: meningkatkan imunitas (mengurangi risiko diare, infeksi jalan nafas, alergi dan infeksi lainnya)

Manfaat Kacang Merah Bagi Kesehatan

KEJU LEMAK ternyata adalah makanan imun

One thought on “ANEKA OLAHAN TEMPE BAGI PARA MILINEAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *