Search in:

PRAKTIKUM DIETETIK SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI MAHASISWI GIZI

Pada penyelenggaraan pendidikan yang bermutu di Program Studi Gizi Universitas Darussalam Gontor, diperlukan rencana kegiatan untuk membantu mahasiswi dalam mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh dan melatih keahliannya. Salah satu implementasi dari rencana kegiatan tersebut adalah diselenggarakannya kegiatan praktikum.

Kegiatan praktikum yang dipandang perlu untuk diadakan adalah praktikum Dietetik Non Communicable diseases, yang bertujuan sebagai penerapan materi kuliah Dietetik Non Communicable diseases, yang mana kompetensi yang diperoleh akan diaplikasikan saat Program Praktik Kerja Lapangan kelak.

Dietetik Non Communicable diseases merupakan salah satu kurikulum utama dan inti di Program Studi Ilmu gizi Fakultas Ilmu Kesehatan Darussalam Darussalam Gontor. Matakuliah ini adalah materi dikelas dan praktikum karena itu lebih menekankan ketepatan analisis, ketepatan perhitungan dan ketepatan menu untuk berbagai kondisi pasien.

Pada mata kuliah Dietetik Non Communicable diseases mahasiswi mempelajari cara memecahkan kasus diet yang dilaksanakan untuk membantu mahasiswa agar lebih memahami dan mengaplikasikan materi yang telah diajarkan di kelas. Studi kasus ini didiskusikan tiap kelompok mahasiswa yang terdiri dari 4-5 orang. Praktikum yang dilakukan adalah pengaplikasian pemecahan masalah gizi yang diberikan pada studi kasus sebelumnya dengan memasak menu.

Adapun materi yang dipraktekkan antara lain diet Obesitas dan Dislipidemia, Diabetes Melitus dan Hipertensi, Penyakit Jantung dan Stroke, Gagal ginjal dan Sindroma Nefrotik, Kanker dan Autoimun serta Critical ill. Berikut contoh menu yang disusun oleh mahasiswi ilmu gizi saat praktikum berlangsung. (Fiki)

7 thoughts on “PRAKTIKUM DIETETIK SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI MAHASISWI GIZI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *