Search in:

ONE DAY ONE AYAT Di Halaqah Tahfidz Mahasiswi Guru Gontor Putri 3

One Day One Ayat

Al-qur’an adalah sahabat dan pedoman seluruh umat manusia di dunia dan akhirat. Mempelajarinya saja adalah bagian terindah dari kehidupan dunia, terlebih ketika kita bisa menghapalkan dan mengajarkannya kepada orang lain. Sebagaimana sebuah hadist Hajjaj bin Minhal dari Syu’bah dari Alqamah bin Martsad dari Sa’ad bin Ubaidah dari Abu Abdirrahman As-Sulami dari Utsman bin Affan Radhiyallahu ‘Anhu bahwa Rasulullah SAW bersabda : “Sebaik-baiknya kamu adalah yang mempelajari Al-qur’an dan mengajarkannya kepada orang lain” (H.R. Bukhari).

Keuntungan Menghafalkan Al-Qur’an

Menghafalkan Al-Qur’an sebagai orang istimewa

Tak cukup dengan mempelajarinya, bagi yang menghapalkannya akan dianggap sebagai keluarga Allah yang ada di bumi. Dalam sebuah hadist Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya Allah itu mempunyai keluarga yang terdiri daripada manusia…” Kemudian Anas berkata lagi, “Siapakah mereka itu wahai Rasulullah?” Baginda manjawab, “yaitu ahli Qu’ran (orang yang membaca atau menghafal Qur’an dan mengamalkannya). Mereka adalah keluarga Allah dan orang-orang yang istimewa bagi Allah.” (HR. Ahmad)

Menghafal Al-Qur’an Diangkat Drajatnya

Dari Amir bin Wailah sesungguhnya Nafi’ bin Abdul Harits bertemu dengan Umar di Asfan. Dimana dahulu Umar telah mengangkatnya di Mekkah. Maka beliau mengatakan, “Siapa yang anda angkat untuk penduduk wadi (Mekkah)? Maka dia menjawab, “Ibnu Abza? (Umar) bertanya, “Siapa Ibnu Abza? Dijawab, “Diantara budak-budak kami. Berkata, “Apakah anda angkat untuk mereka seorang budak? Dijawab, “Beliau pembaca (penghafal) Kitab Allah Azza Wajalla dan beliau pandai dalam bidang ilmu Faroid (ilmu warisan). Maka Umar mengatakan, “Maka sesungguhnya Nabi kamu semua sallallahu alaihi wa sallam telah bersabda, “Sesungguhnya Allah mengangkat dengan Kitab ini suatu kaum dan merendahkan kaum lainnya.” HR. Muslim, 817.

Halaqah Tahfidz adalah kegiatan yang dilaksanakan oleh Departemen Pengembangan Mental dan Spiritual  Dewan Mahasiswi (DEMA) Gontor Putri Kampus 3 guna memberikan kesempatan bagi para mahasiswi untuk meningkatkan hapalan al-qur’annya. Kegiatan ini dilaksanakan seusai dengan jadwal kegiatan zona bimbingan asrama Mahasiswi dan dilaksanakan setelah shalat maghrib. Adapun lokasinya bertempatkan di Aula Mini Gontor Putri Kampus 3 dengan bimbingan mahasiswi semester 8.

Diharapkan dari kegiatan ini, Mahasiswi Guru tetap dapat ikut melestarikan Al-Qur’an dengan menambah hapalannya walau hanya 1 atau beberapa ayat dalam satu hari. Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang baik bagi perkembangan dan pelestarian Hafalan Al-qur’an para Mahasiswi Guru.

Penulis : Arum Setyowati
Edit : Prodi Gizi UNIDA Gontor

Mahasiswi Program Studi Agama – Agama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *