Search in:

Kenali Norovirus dalam Dunia Pangan

Pada banyak kasus keracunan makanan, mikroba adalah salah satu penyebab iritasi lambung dan usus. Konsekuensinya pun bisa sakit perut, muntah dan diare. Oleh sebab itu, penting untuk mewaspadai kontaminasi makanan dan perhatikan kebersihannya. Berikut salah satu bakteri yang sering ditemukan dalam makan.

Baca Juga Faktor yang Mempengaruhi Kandungan Escherichia coli (E. coli) pada Makanan Jajanan SD

Apakah Norovirus itu?

Norovirus adalah patogen yang dapat menyebabkan muntah dan diare. Norovirus merupakan  infeksi virus yang dapat menyebabkan peradangan di sistem pencernaan, seperti lambung dan usus. Pada 2014, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) melaporkan, norovirus adalah penyebab paling umum gastroenteritis yang menginfeksi lebih dari 19 juta orang per tahun di Amerika Serikat yang perlu diketahui, bakteri ini dapat menular.

Gejala Norovirus

Kondisi ini dapat dialami pada anak-anak maupun orang dewasa. Tanda paling jelas yang akan anda alami jika mengalami norovirus adalah:

  • Mual
  • Muntah
  • Dehidrasi
  • Diare

Gejala infeksi norovirus umumnya muncul sekitar 12 hingga 48 jam setelah seseorang terpapar virus. Meski begitu, beberapa orang mungkin tidak mengalami gejala sama sekali. Biasanya gejala akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa hari, tetapi sangatlah mungkin bagi gejalanya untuk bertahan lebih lama pada beberapa orang.

Norovirus juga disebut juga flu perut yang menginfeksi sel-sel di usus manusia yang menyebabkan diare, muntah dan sakit perut. Kateryna Kon / Shutterstock.com

Tidak ada perawatan khusus untuk kondisi ini, namun secara umum kunci perawatan norovirus adalah banyak istirahat dan memastikan pasien mendapatkan asupan cairan yang cukup untuk mengurangi risiko dehidrasi. Norovirus yang tidak ditangani dengan baik dapat membuat gejala yang semulanya ringan akan bertambah buruk dan bahkan menimbulkan berbagai komplikasi.

Bagaimana cara mencegah Bakteri Norovirus ?

Secara singkat, berikut ini sejumlah langkah yang bisa dilakukan untuk menceagh  norovirus

  1. Gunakan kamar mandi sendiri usahakan tidak terlalu sering menggunakan kamar mandi umum.
  2. Lapisi pegangan yang kemungkinan dipegang banyak orang, seperti pegangan tangga, tombol lift, atau pintu kamar mandi umum, dengan tisu.
  3. Cairan pembersih memang baik, namun tidak membersihkan sesempurna air dan sabun. Pastikan mencuci tangan dengan bersih jika ada kesempatan.
  4. Jangan sembarangan menjabat tangan seseorang. Sapa dengan senyum bisa jadi jalan keluar.
  5. Hubungi dokter jika sakit terus berkelanjutan, agar virus penyakit bisa tertangani sejak dini

Sita ed NH

One thought on “Kenali Norovirus dalam Dunia Pangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *