Search in:

Makanan yang dapat Menaikkan/Menurunkan Imun Tubuh

makanan imun

Sebelum kita membahas makanan imun tubuh, apa sih yang dimaksud dengan makanan sehat dan bergizi?

Makanan sehat adalah makanan yang bebas atau terhindar dari bahaya (fisik, kimia, mikrobiologi) dan mengandung zat gizi yang baik untuk mencukupi kebutuhan tubuh manusia. Bahaya fisik seperti potongan logam, serpihan kayu, butiran kerikil, dll. Bahaya kimia dari bahan-bahan kimia non food-grade seperti bahan pewarna pakaian, borax, formalin, dll. Bahaya mikrobiologi dari mikrobiologi patogen dan pembusuk yang dapat menyebabkan sakit bahkan kematian.

Makanan bergizi yang baik sangat penting dalam membentuk sistem kekebalan yang kuat. Gizi yang baik dapat meningkatkan perlindungan tubuh dari penyakit. Meskipun makanan bukan sepenuhnya sebagai penangkal infeksi penyakit, akan tetapi dengan makanan yang sehat dan bergizi akan membentuk sistem kekebalan tubuh yang kuat sehingga memberikan perlindungan ekstra bagi tubuh kita.

Hindari makanan yang menurunkan imun tubuh:

Gorengan

Gorengan memang makanan ini penggoda lidah saat dihidangkan masih panas dan ditemani secangkir minuman. Tetapi gorengan yang sering kali dimasak dengan minyak yang telah digunakan berkali-kali. Penggunaan minyak berkali-kali dapat mengakibatkan kerusakan asam-asam lemak. Pemanasan suhu tinggi berulang kali dapat mengakibatkan perubahan rantai kimia lemak dan menjadikannya radikal bebas yang dapat menaikkan kadar LDL dalam darah. Selain itu akrilamida yang terbentuk akibat proses pemanasan suhu tinggi pada gorengan dapat memicu kanker.

Kopi

Kopi, dikutip dari livestrong kopi dapat menyebabkan insombia, gangguan pencernaan, otot gemetar. Kopi dapat memicu terjadinya kolesterol dan menekan system kekebalan tubuh.

Makanan Olahan

Makanan olahan atau junk food, makanan olahan dapat memicu terjadinya inflamasi dalam tubuh dan menurunkan kendali terhadap infeksi.

Minuman Soda

Soda, minuman ini dapat menurunkan daya tahan tubuh karena memiliki tinggi gula dan mengandung asam fosfor hal ini dapat menggerus kalsium dan magnesium dalam tubuh kita.

Makanan yang meningkatkan imun tubuh

Untuk mengoptimalkan sistem imun tubuh kita, diperlukan mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang, sumber nutrisi utama seperti protein, karbohidrat, lemak, serta vitamin dan mineral. Karena sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh yang akan melindungi kita dari bebrbagai penyakit yang disebabkan oleh virus dan mencegah penyakit lainnya. Bantulah lindungi dan sayangi diri anda dari infeksi dan tingkatkan kekebalan tubuh anda dengan mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang dan beragam. Konsumsi makanan yang memiliki warna warni alami yang berbeda dapat meningkatkan kekebalan tubuh karena warna warni alami makanan mengandung berbagai jenis antioksidan.

Diantara makanan yang dapat meningkatkan imunitas tubuh antara lain:

  • Buah-buahan
  • Susu
  • Keju
  • Kacang Merah
  • Kedelai
Makanan imun tubuh

Contoh menu gizi seimbang

Sarapan Pagi (06.00) Nasi Putih Telur mata sapi Stup wortel
Snack Pagi (09.00) Buah 1 porsi (pisang, jeruk0
Makan Siang (12.00) Nasi putih Ikan goring Tahu goring Sayur bening bayam Jeruk manis
Snack Sore (15.00) Buah 1 porsi (manggis, papaya)
Makan Malam (18.00) Nasi Putih Opor ayam Tempe bacem Tumis daun singkong Buah Duku

Meningkatkan sistem imun tubuh dengan himbauan sebagai berikut:

  1. Cuci tangan dengan benar menggunakan sabun dan air yang mengallir atau bisa gunakan hand sanitizer.
  2. Berolahraga
  3. Tidur dengan cukup karena dapat menjaga system kekebalan tubuh, tidur dapat membantu sel T untuk melakukan fungsinya sel T adalah kelompok sel darah putih yang berperan kekebalan tubuh, sebagai antibiotic dan sel T bekerja menyerang virus. Tidur yang cukup 7 samapi 8 jam perhari.
  4. Dianjurkan untuk tidak panic dan cemas.

_TETAPLAH AKTIF MELANJUTKAN AKTIVITAS FISIK_

Sumber :

Kementerian Kesehaan RI. Germas. Makanan Bergizi untuk Menjaga

Kesehatan Tubuh.2020.https://kumparan.com/kumparanfood/sebaiknya-dihindari-ini-5-makanan-dan-minuman-yang-menurunkan-daya-tahan-tubuh-1t1ABqh3lpc

Baca juga :

Pentingnya Membaca Label Makanan Kemasan

Cara Diet Alami yang Benar menurut Ahli Gizi

Artikel yang terkait makanan imun

MANFAAT SUSU BAGI KESEHATAN: Meningkatkan Imun dll

Keajaiban ASI dalam Kesehatan Anak: meningkatkan imunitas (mengurangi risiko diare, infeksi jalan nafas, alergi dan infeksi lainnya)

ANEKA OLAHAN TEMPE BAGI PARA MILINEAL: biji kedelai mengandung zat fitokimia yaitu…

Manfaat Kacang Merah Bagi Kesehatan

KEJU LEMAK ternyata adalah makanan imun

5 thoughts on “Makanan yang dapat Menaikkan/Menurunkan Imun Tubuh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *