Search in:

Konseling Gizi untuk Santri KMI

Pengertian Konseling Gizi

Sebelumnya yuk kita pahami apa pengertian konseling gizi itu

Konseling gizi adalah serangkaian kegiatan dengan metode komunikasi dua arah antara konselor dan klien guna meningkatkan pengetauhan, sikap dan perilaku klien sehingga membantu klien mengenali dan mengatasi masalah gizi melalui pengaturan makan dan minum klien.

Salah satu kompetensi ahli gizi adalah konseling kepada klien dan edukasi tentang pengaturan makan dan minum klien. Guna meningkatkan kompetensi mahasiswi gizi maka pada mata kuliah konseling gizi diadakan praktek konseling yang berjalan satu minggu setiap hari maka satu mahasiswi akan berhadapan dengan satu klien dengan keluhan tertentu.

Praktek ini klien dari mahasiswi terdiri dari mahasiswi Universitas Darussalam Gontor dan beberapa Santriwati dari Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 2, dalam proses kenseling ini mahasiswi akan menggali informasi tentang keluhan klien serta riwayat penyakit dan riwayat makan klien, kemudian mahasiswi akan menghitung kebutuhan kalori yang seharusnya dikonsumsi klien dan menentukan diet yang akan diberikan kepada klien.

Hasil diet yang telah ditentukan akan dijelaskan kepada klien dengan disertai leaflet diet dan BMP untuk mempermudah klien dalam menerapkannya. Pada tahap akhir sesi konseling akan ditutup dengan konselor meminta klien untuk mengulang kembali apa yang telah disampaikan serta komitmen klien untuk menjalankan diet tersebut. Pasien akan diminta datang konseling kembali sesuai dengan waktu yang telah konselor dan klien sepakati. Demikian rangkaian praktek konseling yang dilakukan untuk menunjang kompetensi mahasiswi.

Tujuan konseling gizi adalah sebagai berikut:

1. Membantu klien dalam mengidentifikasi dan menganalisis masalah klien serta memberi alternatif pemecahan masalah. Melalui konseling klien dapat berbagi masalah, penyebab masalah dan memperoleh informasi tentang cara mengatasi masalah.

2. Menjadikan cara-cara hidup sehat di bidang gizi sebagai kebiasaan hidup klien. Melalui konseling klien dapat belajar merubah pola hidup, pola aktivitas, pola makan.

3. Meningkatkan pengetahuan dan kemampuan individu atau keluarga klien tentang gizi.

Melalui konseling klien mendapatkan informasi pengetahuan tentang gizi, diet dan kesehatan Suariasa (2012).

Manfaat Konseling Gizi

Konseling diharapkan mampu memberi manfaat kepada klien

1. Membantu klien untuk mengenali permasalahan kesehatan dan gizi yang dihadapi. Konselor menyampaikan beberapa informasi tentang penyakit atau masalah, faktor penyebab dan gejala penyakit yang diderita. Sehingga klien dapat mengetahui permasalahan atau penyakit apa yang dia alami.

2. Membantu klien mengatasi masalah. Konselor memberikan beberapa informasi atau alternatif pemecahan masalah.

3. Mendorong klien untuk mencari cara pemecahan masalah. Konselor dapat mendorong mengarahkan klien untuk mencari pemecahan masalah. Konselor memberi motivasi bahwa klien mempunyai potensi untuk memecahkan masalah.

4. Mengarahkan klien untuk memilih cara yang paling sesuai baginya. Konselor mendampingi dan membantu klien dalam memilih cara yang paling tepat dan sesuai bagi klien.

5. Membantu proses penyembuhan penyakit melalui perbaikan gizi klien. Konselor membantu klien dalam menyembuhkan penyakitnya dengan memberikan informasi yang jelas tentang diet yang disarankan berkaitan dengan penyakitnya.

Desak Putu S. dkk. 2018. Bahan Ajar Gizi Konseling Gizi. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Dian ed NH

Artikel Terkait

Praktikum Lapangan Prodi Gizi di Desa Mantingan

Praktikum Dietetik Sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Mahasiswi Gizi

5 thoughts on “Konseling Gizi untuk Santri KMI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *