Search in:

CERDAS DAN CERMAT MEMILIH HIDANGAN SAAT PUASA RAMADHAN

Bulan ramadhan merupakan bulan yang sangat ditungu-tunggu oleh umat muslim dipenjuru dunia. Bulan ramadhan identik dengan sebutan bulan dengan  penuh berkah, selama satu bulan penuh seluruh umat muslim dipenjuru dunia melaksanakan puasa dengan  menahan lapar dan dahaga, serta hawa nafsu. Puasa ramadhan dumulai dari fajar sampai tiba waktu maghrib. Puasa ramadhan diawali dengan sahur dan buka puasa atau ifthar. Kedua hal tersebut harus dilaksanakan dan tidak boleh terlewatkan.

Puasa ramadhan melatih seseorang untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT selain itu puasa juga memberikan dampak bagi kesehatan seperti menurunkan berat badan bagi seseorang yang kelebihan berat badan, detoksifikasi karena setiap racun yang tersimpan dalam lemak tubuh dilarutkan dan dikeluarkan dari tubuh. Subhanallah begitu besar manfaat spiritual dan kesehatan dari menjalankan ibadah puasa.

Secara teknis tubuh memasuki keadaan puasa delapan jam atau lebih setelah makan terakhir, ketika usus menyelesaikan penyerapan zat gizi dari makanan. Dalam keadaan normal, glukosa tubuh, yang disimpan di hati dan otot, merupakan sumber energi utama tubuh. Selama berpuasa, simpanan glukosa ini digunakan terlebih dahulu untuk menyediakan energi. Kemudian dalam puasa, begitu simpanan glukosa habis, lemak menjadi sumber simpanan energi berikutnya bagi tubuh. Sejumlah kecil glukosa juga ‘diproduksi’ melalui mekanisme lain di hati. Pengaturan makan selama berpuasa mulai sahur dan buka sangat diperlukan untuk menjaga kebugaran selama menjalankan ibadah puasa ramadhan kerena selama puasa tubuh mengalami perubahan-perubahan fisiologis.

TIPS MEMILIH MAKANAN KETIKA SAHUR

  1. Mengkonsumsi makanan secara seimbang sesuai dengan kebutuhan dan harus mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh (protein, karbohidrat, vitamin dan mineral)
  2. Memiliki makanan yang mudah dicerna sehingga tidak menyebabkan rasa tidak nyaman pada perut.
  3. Minumlah air yang cukup untuk menghindari rasa haus pada jam-jam puasa.
  4. Hindari makanan berlemak dan goreng, dan makanan pedas, yang meningkatkan rasa haus.
  5. Makan perlahan, dan dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing individu. Makan dalam jumlah yang besar menyebabkan mulas dan ketidaknyamanan.
  6. Hindari makanan yang mengandung banyak garam, misalnya sosis, daging dan produk ikan olahan dan asin, acar, makanan ringan, keju asin, berbagai jenis kerupuk siap saji, salad, olesan dan saus (seperti mayones, mustard, saus tomat).
  7. Hindari minuman berkafein seperti kopi, teh dan cola, karena kafein dapat membuat beberapa orang lebih sering buang air kecil, yang dapat menyebabkan dehidrasi.

TIPS MEMILIH MAKANAN KETIKA BERBUKA PUASA

  1. Berbuka dengan kurma jumlah ganjil. Kurma adalah sumber serat yang sangat baik.
  2. Mengkonsumsi makanan secara seimbang sesuai dengan kebutuhan dan harus mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh (protein, karbohidrat, vitamin dan mineral.
  3. Mengkonsumsi banyak sayur dan buah untuk memenuhi kebutuhan serat
  4. Minumlah air yang cukup sebagai pengganti cairan yang hilang saat berpuasa
  5. Kurangi memasak dengan metode menggoreng dengan menggantinya dengan metode memanggang ataupun mengukus
  6. Hindari makan berlebih dengan makan perlahan.

Pengaturan makan saat berbuka puasa dan sahur dapat meningkatkan kualitas puasa karena tubuh mendapatkan asupan makanan yang seimbang sehingga dapat menjalankan ibadah seperti tadarus Al-qur’an, sholat tarawih, itikaf  dengan lancar dan bugar. Konsumsi kekurangan dan kelebihan asupan makanan sangat tidak dianjurkan selama menjalankan ibadah puasa, namun konsumsi secara seimbang sangat direkomendasikan. Yuk kita perhatikan makan kita disaat puasa bulan ramadhan

 Indahtul Mufidah ed NH

REFERENSI

Mahroof, R. et al. (2008) Ramadhan Health Guide. London: NHS.

WHO (2020) Dietary recommendations for the month of Ramadan, WHO Eastern Mediteranian. Diakses Pada Tanggal 26 Apri 2020

Anda bisa kunjungi artikel terkait :

Puasa & Pengamatan Medis Kesehatan Tubuh

Puasa Dapat Mendetoksifikasi Tubuh

Diabetes dengan Ibadah Puasa

4 thoughts on “CERDAS DAN CERMAT MEMILIH HIDANGAN SAAT PUASA RAMADHAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *