Search in:

Pengaruh Gizi Pada Gigi

Setiap manusia memiliki gigi yang memiliki peranan besar dalam kehidupan, maka dari itu menjaga kesehatan dan perkembangan gigi sangat penting. Kira-kira apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi kesehatan dan pekembangan gigi dan mulut. Yuk langsung saja kita ulas dalam beberapa artikel dibawah ini

Diet dan nutrisi memainkan peran penting dalam perkembangan gigi, integritas gingiva (gusi) dan mukosa, kekuatan tulang, dan pencegahan dan pengelolaan penyakit rongga mulut. Pola makan memiliki efek lokal pada integritas gigi; jenis, bentuk, dan frekuensi makanan dan minuman yang dikonsumsi memiliki efek langsung pada pH oral dan aktivitas mikroba, yang dapat menyebabkan kerusakan gigi.

Nutrisi secara sistemik mempengaruhi perkembangan, pemeliharaan, dan perbaikan gigi dan jaringan mulut. Nutrisi dan kebiasaan makan adalah faktor penting yang mempengaruhi kesehatan mulut. Asupan nutrisi yang optimal diperlukan untuk menghasilkan gigi yang kuat dan gusi yang sehat. Komposisi diet dan kebiasaan makan individu (mis., Asupan karbohidrat, frekuensi makan) adalah faktor signifikan dalam perkembangan karies gigi).

Nutrisi dan diet mempengaruhi rongga mulut, tetapi sebaliknya juga benar: yaitu, status rongga mulut dapat memengaruhi kemampuan seseorang untuk mengkonsumsi makanan yang memadai dan mencapai keseimbangan nutrisi. Memang, ada sinergi seumur hidup antara nutrisi dan integritas rongga mulut dalam kesehatan dan penyakit terkait dengan peran diet dan nutrisi yang diketahui dalam pertumbuhan, perkembangan, dan pemeliharaan struktur rongga mulut, tulang, dan jaringan (Touger- Decker dan Mobley, 2013). Terdapat hubungan yang signifikan antara asupan serat, kalsium, fosfor, vitamin A dan vitamin C terhadap karies gigi anak sekolah.

Beberapa Zat Gizi Yang Berpengaruh Terhadap Kesehatan Gigi

Vitamin dan mineral berpengaruh pada proses terjadinya karies gigi, terutama pada pembentukan gigi, vitamin-vitamin yang berpengaruh diantaranya adalah vitamin A dan C sedangkan mineral yaitu kalsium,dan fosfor. Kekurangan vitamin A akan merusak pembentukan email dan dentin, kekurangan vitamin C menyebabkan degenerasi odontoblast. Kekurangan mineral kalsium dan fosfor dapat berakibat terjadinya hipoplasia enamel dan meningkatkan resiko karies gigi.

Makanan yang tinggi serat yang mengandung sedikit karbohidrat terfermentasi seperti pop corn dan sayuran mentah bersifat kariostatik (tidak menyebabkan karies) (Mahan & Raymond, 2017). Ravishankar et al, (2012) menyatakan bahwa makanan sumber kalsium dan fosfor seperti produk susu akan membantu melindungi pH asam yang dihasilkan oleh makanan kariogenik, sehingga berpotensi mencegah terjadinya karies gigi.

Amilia Yuni Damayanti Dosen dari Prodi Gizi ed IM

6 thoughts on “Pengaruh Gizi Pada Gigi

Suci Rahmatika

Alhamdulillah dapet ilmu yg bermanfaat, yang di sampaikan juga menarik dan terimakasih atas ilmunya kak semoga semakin semangat berbagi ilmu yg bermanfaat lagi kedepannya🥰🙏

Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *