Search in:

MINYAK dari Zea mays

Hai, kembali tentang perminyakan kemarin kita sudah berkenalan dengan minyak kanola, yang ketinggalan informasi bisa dilihat disini.  Selanjutnya, kita akan membahas tentang minyak dari Zea mays, atau bahasa kerennya minyak jagung.

Sumber : Wikipedia.co.id

Minyak jagung atau dikenal dengan istilah maizeoil diproduksi dari bji jagung yang mengandung sekitar 5% minyak. Oleh karena, kandungan minyak yang sedikit membuat proses penyulingan minyak jagung mengeluarkan harga yang tinggi. Tahun 2000an hampir 2 juta ton minyak jagung diperdagangkan di amerika, selain itu negara lain yang mengekspor minyak jagung mereka adalah eropa, china, dan india. Amerika sendiri menyumbang minyak jagung 57% di seluruh dunia (Gunstone, 2002).

Kandungan yang terdapat pada minyak jagung:

Komponen utama minyak biji jagung mentah adalah triasilgliserol (TAG), tetapi TAG tidak sendirian di dalam minyak jagung ada komponen lain seperti asam lemak bebas, pigmen, senyawa volatil, fosfolipid dan lilin yang hampir sebagian besar orang tidak menginginkannya sehingga dibutuhkan proses untuk menghilangkan komponen sampingan tersebut. Minyak jagung juga menjadi sumber tokoferol dengan γ-tocopherol sebagai jenis yang terbanyak diikuti oleh α-tocopherol dan δ-tocopherol. Dari tiga jenis tokoferol tersebut α-tocopherol mendapat perhatian lebih karena merupakan vitamin E aktif. Namun, penelitian Saldeen mengungkapkan bahwa gama tokoferol mungkin lebih superior dibanding alfa tokoferol dala mencegah oksidasi dari LDL dan menunda pembentukan thrombus.  Komponen  lain yang tidak kalah menarik adalah karotenoid. Kaya karotenoid sekitar 74-86% terlokalisasi di endosperma, 2-4% pada biji. 

Mencegah Berbagai Penyakit

Karotenoid terbanyak adalah lutein dan zeaxantin. Mengkonsumsi  makanan kaya karotenoid dapat mengurangi risiko degenerasi makula terkait usia. Sifat antioksidan tokoferol kemungkinan ikut terlibat dalam memerangi aterosklerosis dengan mencegah oksidasi lipoprotein densitas rendah. Dan mampu melindungi DNA pada hingga tahap tertentu. Efek lain pada tekanan darah, agregasi rombosit dan diabetes. Selain itu, minyak jagung memiliki tingkat produks oksidasi lebih rendah dibandingkan minyak kanola dan kedelai.

Minyak jagung biasanya digunakan untuk memasak, salad dressing, margarin dan lain sebagainya. Minyak jagung populer di AS karena rasanya yang ringan, stabilitas oksidatif rendah, tinggi kadar asam lemak tak jenuh ganda. Margarin dari minyak jagung sendiri cukup popular di Amerika. Pada tahun 1870 an, Unilever memulai produksi margarin ini secara industrial.

Indonesia, minyak jagung tidak sepopuler di luar negeri karena harga yang mahal dan jarangnya informasi terkait si minyak jagung. Jadi, bagaimana dengan kaliaan?  Mau mencoba menggunakanya?

Hafidhotun ed NH

5 thoughts on “MINYAK dari Zea mays

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *