Search in:

Apa Saja Sih yang Perlu Disiapkan Sebelum Menikah dari Segi Gizi?

Bagi pasangan yang akan menikah, pasti ada banyak hal yang harus disiapkan, mulai dari persiapan acara pernikahan seperti sewa gedung, mahar, cicin nikah, lalu persiapan ekonomi setelah menikah, persiapan psikologi dan lain-lain. Namun, ada satu hal yang kadang terlupakan bagi sebagian orang, yaitu mempersiapkan gizi pranikah.

Gizi pranikah merupakan suatu cara untuk memperhatikan status gizi calon pengantin demi tercapainya keluarga yang sehat dan keturunan yang berkualitas. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, apa sajakah itu?

Bagi calon pengantin perempuan:

  • Status Gizi

Perempuan yang berstatus gizi obesitas, cenderung berisiko mengalami gangguan fungsi reproduksi dan menyebabkan infertilitas atau tidak subur. Obesitas juga dapat meningkatkan resiko penyakit hipertensi, diabetes melitus, dan penyakit jantung. Pastikan IMT (Indeks Massa Tubuh) calon pengantin ideal, yaitu ada di kisaran 18,5-24,9.

  • Lila

Lila (lingkar lengan atas)  juga termasuk salah satu hal yang penting untuk dipersiapkan bagi calon pengantin perempuan, Perempuan yang punya Lila >23.5 cm tergolong aman untuk melahirkan. Jika perempuan hamil memiliki lila dibawah 23,5 cm, hal tersebut dapat meningkatkan risiko lahirnya bayi berat lahir rendah (BBLR), yaitu berat badan bayi yang baru lahir kurang dari 2,5 kg yang mana hal itu sangat berbahaya bagi kesehatan dan kecerdasan sang anak kelak.

  • Hb

Calon pengantin wanita wajib memiliki kadar Hb yang normal, yaitu 12-16 g/dL. Jika kadar Hb dibawah 12 g/dL maka akan menyebabkan anemia yang dapat menyebabkan gangguan perkembangan janin sehingga menyebabkan BBLR, bahkan kematian janin, dan dapat meningkatkan resiko bahaya persalinan secara normal. Selain itu, anemia juga dapat menyebabkan tubuh ibu hamil lebih sulit melawan infeksi.

Calon pengantin wanita atau ibu yang sedang hamil bisa meningkatkan kadar Hb dengan mengkonsumsi makanan sumber zat besi seperti susu, hati, daging-dagingan, sayur bayam, dan telur. Bahkan, ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi minimal 90 tablet tambah darah selama kehamilan untuk menjaga kadar Hb tetap normal

Bagi calon pengantin laki-laki dan perempuan:

  • Status gizi

Wajib bagi kedua calon pengantin untuk memantau dan mengusahakan agar berat badan ideal saat sebelum menikah. Berat badan yang lebih berat dari ideal dapet menyebabkan ketidaksuburan baik pada pria dan wanita, sedangkan berat badan dibawah ideal bisa menyebabkan anak BBLR dan dapat mempengaruhi status gizi anak tersebut.

  • Konsumsi makanan sumber vitamin E dan B12

Asupan vitamin E dan B12 sangat penting untuk memelihara kesuburan, baik bagi laki-laki maupun perempuan,. Kekurangan vitamin tersebut dapat mengakibatkan jumlah sperma yang dihasilkan oleh testis laki-laki menjadi sedikit.

Sumber vitamin E dan B12 antara lain adalah susu, keju, minyak kelapa sawit, minyak kelapa, biji bunga matahari, dan tauge

  • Menjalankan pola hidup sehat

Penting bagi calon pengantin laki-laki dan peempuan untuk membiasakan diri menjalani pola hidup sehat, makan makanan bergizi seimbang dan istirahat yang teratur serta cukup. Pola hidup yang sehat akan meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup yang lebih baik, karena mengingat akan pentingnya menjaga status gizi yang baik sebelum menikah. Oleh karena itu sebagai calon pengantin sudah selayaknya kita memperhatikan asupan makanan dan menjalani pola hidup sehat demi tercapainya kualitas hidup dan generasi penerus yang lebih baik.

ditulis oleh Vani laboran Prodi Gizi sekaligus alumni Prodi Gizi UNIDA Gontor ed NH

Baca juga Artikel : Tips Tetap Bugar dalam Berpuasa Bagi Pengidap Anemia

One thought on “Apa Saja Sih yang Perlu Disiapkan Sebelum Menikah dari Segi Gizi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *