Search in:

KOMBUCHA – TEH FERMENTASI UNTUK KESEHATAN

Teh telah dikenal luas sebagai minuman yang baik untuk kesehatan. Teh kombucha merupakan produk minuman tradisional hasil fermentasi larutan teh dan gula dengan menggunakan starter kultur kombucha (Acetobacter xylinum dan beberapa jenis khamir).

Manfaat Teh Komucha

Kombucha memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan antara lain sebagai antioksidan, antibakteri, memperbaiki mikroflora usus, dapat meningkatkan ketahanan tubuh dan menurunkan tekanan darah. Hasil penelitian pada tikus putih menunjukkan bahwa teh kombucha memberikan efek penurunan kadar kolesterol.

Waktu yang diperlukan untuk fermentasi teh kombucha berkisar antara 8-12 hari pada suhu 18-2°C. Bila pembuatan dilakukan pada suhu yang lebih tinggi fermentasi berlangsung, maka waktu yang dibutuhkan menjadi lebih singkat. Pada umumnya, daerah beriklim tinggi (22-26°C) melakukan fermentasi kombucha selama 4-6 hari. Lama fermentasi kombucha mempengaruhi kualitas fisik, kimia, dan organoleptik teh kombucha yang dihasilkan.

Kombucha dapat dibuat dari berbagai variasi daun yaitu: daun salam, daun jambu, daun sirih, daun sirsak, daun kopi, dan daun teh. Daun-daun tersebut memiliki kandungan senyawa fenol yang tinggi.

Cara membuat teh kombucha:

  1. Teh diseduh dengan air suhu 80°C 400ml selama 15 menit kemudian  disaring untuk memisahkan daun dengan air teh.
  2. Ditambahkan gula sebanyak 10% (b/v)
  3. Air teh dimasukkan toples kaca untuk didinginkan sampai suhu ± 25°C
  4. Setelah dingin, ditambahkan starter kombucha cair 30 ml
  5. Teh selanjutnya ditutup dengan kain katun putih dan dikat dengan karet untuk difermentasi selama 14 hari pada suhu ruang dan tidak boleh langsung terkena sinar matahari.

Selamat mencoba 🙂

Referensi:

Wistiana, D. & Zubaidah, E. 2015. Karakteristik Kimiawi dan Mikrobiologis Kombucha. Jurnal Pangan dan Agroindustri Vol. 3 No 4:446-1457.

Nur Aini ed NH

Baca juga Pilih Teh Hijau Atau Teh Hitam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *