Search in:

Posbindu di UNIDA Mantingan

Posbindu UNIDA Mantingan

Pos Binaan Terpadu Penyakit Tidak Menular kepanjangan dariĀ Posbindu merupakan kegiatan monitoring dan deteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular atau PTM. Pelaksanaan POSBINDU dilakukan oleh kader kesehatan yang telah ada atau beberapa orang dari masing-masing kelompok/organisasi/lembaga/tempat kerja yang bersedia menyelenggarakan posbindu PTM tentunya dengan orang yang sudah dilatih dan diawasan oleh orang yang sudah ahli.

Kegiatan Ini terdiri dari beberapa pengecekan yaitu tensi, berat badan, tinggi badan, pengecekan gula darah, asam urat, dan hemoglobin. Posbindu merupakan salah satu kegiatan rutin yang diadakan oleh Fakultas Ilmu Kesehatan Program Studi Ilmu Gizi. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dari mata kuliah Penilaian Status Gizi, yang mana harapan dari diadakannya kegiatan ini mahasiswi dapat mengaplikasikan ilmu yang telah mereka pelajari ke lapangan.

Didalam Dunia Kesehaan ada dua komponen penting yang harus diadakan dilingkungan masyarakat seperti perdesaan yaitu POSBINDU dan POSYANDU. Perbedaan antara POSBINDU dan POSYANDU adalah jika posbindu sasarannya adalah sekelompok masyarakat sehat, beresiko danpenyandang PTM atau orang dewasa yang berumur diatas 15 tahun, jika POSYANDU sasarannya adalah mencangkup bayi, balita, ibu hamil, ibu nifas, ibu menyusui, serta wanita usia subur.

Manfaat diadakannya POSBINDU ialah untuk meningkatkan peran masyarakat dalam pencegahan dan penemuan dini factor resiko PTM. Sedangkan manfaat POSYANDU yaitu memantau tumbuh kembang anak seperti berat badan tinggi badan dan penilaian status gizi pada balita maupun ibu hamil dan menyusui.

Baca juga Manfaat dan Cara Konsumsi Chia Seed yang Perlu Kamu Tahu

Zahwadira ed NH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *