Search in:

Mengenal Buah Tin Bagi Kesehatan

Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun, demi gunung Sinai, dan demi negeri (Mekah) yang aman ini (Al-qur’an surat at-tin ayat 1-3).

Buah Tin (Ficus carica L) atau disebut juga buah fiq merupakan buah kesukaan Rasulullah yang rasanya manis, buah tin berwarna hijau, kuning atau ungu tua. Dijelaskan dari hadist Abu Darda’ r.a meriwayatkan bahwasanya Rasulullah SAW bersabda “Seandainya saya lebih mengatakan bahwa sesungguhnya ada buah yang turun dari surge, maka saya akan mengatakan (itu adalah) buah tin, karena buah surge tidak berbiji buah”.

Kandungan unsur yang terdapat pada buah tin:

Buah tin mengandung unsur gula dalam kadar yang tinggi, dan juga mengandung garam utama yaitu kalsium, fosfor, zat besi, dan sejumlah vitamin, seperti vitamin A dan B. Selain itu, buah tin mengandung vitamin K yang masuk dalam proses pembekuan darah yang berfungsi menghentikan pendarahan.

Nilai Gizi Buah Tin:

Gizi yang terkandung dalam buah tin  sangatlah tinggi karena memiliki kadar gula yang tinggi, kalsium dan besi.

Tak hanya rasanya yang enak, buah tin ini mempunyai berbagai manfaat untuk kesehatan.

Manfaat Buah Tin dari Ilmu Kedokteran:

  1. Untuk mengobati susah buang air besar

Seduhlah 3 sampai 4 buah tin kering dalam gelas yang terisi air dingin pada sore hari, lalu pada pagi harinya buah tin dimakan dan airnya diminum.

  1. Untuk mengobati penyakit usus atau lambung

Potong 6 sampai 7 buah tin kering  menjadi beberapa bagian, lalu rendam dengan minyak zaitun, dicampur beberapa jeruk nipis, lalu biarkan selama satu malam penuh. Kemudian buah tin ini dimakan dan airnya diminum pada pagi harinya.

  1. Untuk mengobati luka atau bisul

Balurkan buah tin yang kering yang telah didihkan beberapa menit dengan susu biasa, setelah dingin tutuplah luka dengan ramuan ini lalu ikat dengan kain dan balutan ini diganti tiga sampai empat kali dalam sehari.

  1. Untuk mengobati haid yang tidak teratur

Didihkan 25-30 daun tin dalam satu liter air, lalu minum. Ramuan ini pun bisa mengobati batuk, gangguan haid, melancarkan haid dan juga obat kumur, peradangan gusi.

  1. Untuk memperlancar ASI

Seduhan buah tin kering dapat melancarkan kencing dan ASI.

Baca juga Manfaat Kurma Bagi Ibu Menyusui

Referensi:

AL-Qur’an

As-sayyid, Abdul Basith Muhammad. 2014. Pola Makan Rasulullah Makanan Sehat Berkualitas Menurut Al-Qur’an dan as-Sunnah. PT.Niaga Swadaya.Jakarta.

Widyaningrum, Nanik dkk. 2020. Aktifitas Sitotoksik Kombinasi Ekstrak Buah Tin dan Minyak Zaitun Terhadap Sel Kanker Payudara. Jurnal Farmasi Sains dan Praktis. Vol. 6 No. 1 Hal 1-3.

NH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *