Search in:

Resep Pancake Sehat dan Bergizi

Ada yang sudah mengenal makanan pancake? Apabila belum yuk simak penjelasan dibawah ini. Sebelumnya kita kenalan dulu..

Apa seh Pancake itu?

Pancake merupakan hidangan yang memiliki rasa manis dan gurih dari adonan batter (adonan yang digoreng) yang dipanggang dengan frying pan serta berebntuk bulat dan pipih. Adonan batter merupakan adonan cair yang terdiri dari tepung terigu, telur, bahan cair (air atau susu) dan bahan pengemban yang diaduk sehingga teremulisi dan dimatangkan dengan teknik memanggang (Amirilia, H, 2011).

Pancake merupakan suatu olahan yang banyak diminati, selain rasanya yang enak tampilan pancake juga menarik karena adanya topping, sehingga harga pancake relaif mahal terutama di kafe. Pancake yang baik adalah pancake dengan daya kembang yang sempurna dan adonan yang selalu dibuat fresh untuk menjaga kualitas pancake tersebut (Utomo, Pipit Adi;, 2015)

Adonan  Pancake dikenal sebagai makanan ringan unuk sarapan para keluarga modern. Namun, siapa sangka bila makanan ini sudah dikenal sejak zaman Romawi kuno. Pancake sebenarnya memiliki ragam rupa dan penyajian. Di berbagai Negara, pancake dikonsumsi dengan gaya dan resep beragam. Ada yang dikonsumsi sebagai makanan manis, gurih, baik tipis maupun tebal.

Jauh sebelum pancake dikenal masyarakat Eropa, orang Romawi sebenarnya sudah mengenal pancake terlebih dahulu. Makanan berupa roti gepeng terbuat dari tepung, susu, telur, dan bumbu ini lalu dibakar di atas wajan ceper. Mereka namakan ”Alita Dolcia” (artinya: makanan manis). Biasanya, orang Romawi mengonsumsi pancake dengan madu atau sirup buah-buahan.

Pancake memang beragam, mulai cara penyajian, hingga rasa. Keberagaman penyajian pancake  ini juga termasuk pada saat penyajian dan pemanfaatannya dalam menu makanan. Pancake yang dikenal sebagai kudapan berbobot ini tak bisa dipukul rata sebagai makanan ringan atau selingan. Ada sejumlah masyarakat yang justru menjadikan pancake sebagai makanan berat atau utama.

Resep pancake oatmeal sehat dan bergizi

Bahan-bahan pancake:

  • 65 gram oatmeal
  • 100 gram pisang ambon
  • 20 gram madu
  • 140 ml air
  • 90 gram kuning telur
  • 30 gram putih telur
  • Sejumput garam

Cara membuat:

  1. Haluskan semua bahan dengan menggunakan blender (kecuali putih telur dan garam), sisihkan
  2. Campurkan puih telur dan gara dalam wadah, kocok menggunakan mixer dengan kecepatan paling inggi hingga putih telur dan garam dalam wadah, kocok menggunakan mixer dengan kecepatan paling tinggi hingga putih telur mengembang dan kaku.
  3. Kemudian masukkan adonan yang sudah dihaluskan dengan blender ke dalam kocokan putih telur tersebut, lalu aduhk pelan-pelan hingga merata menggunakan spatula atau sendok (sampai tercampur, jangan terlalu banyak diaduk nanti adonan kempes)
  4. Siapkan wajan anti lengket di atas api sangat kecil, tuang adonan pancake menggunakan sendok sayur
  5. Tidak perlu diratakan, cukup tuangkan adonan dan tunggu hingga bagian bawah pancake berwarna kuning kecokelatan, kemudian dibalik pelan-pelan.
  6. Ulangi langkah tersebu hingga adonan habis.

Selamat mencoba. Itulah resep pancake oatmeal yang sehat dan bergizi. Tunggu apa lagi, segera buat sajian ini untuk sarapanmu esok hari ya!

Baca juga Cara Membuat Bubur Sumsum campur Oat

Referensi

Amarilia,H.2011.Penelitian Studi Penggunaan Tepung Sukun Sebagai Bahan Pengganti Sebagian Tepung Pada Pembuatan Pancake dan Bakpao.

https//www.cookpad.com

Utomo, Pipit Adi;, 2015. Eksperimen Pembuatan Pancake Komposit Tepung Ubi Jalar Ungu Dengan Penambahan Sari Bit

Dyah Ayu ed NH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *