Search in:

Jenis-Jenis One Dish Meal Ala Indonesia

Makanan Sepinggan atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan One Dish Meal merupakan suatu istilah yang diberikan untuk hidangan dimana seluruh sumber zat gizi karbohidrat, lemak, protein, serat dan vitamin terdapat dalam satu piring (Susanti).

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata dasar dari Sepinggan yakni Pinggan diartikan sebagai piring makan yang besar. Adapun kata sepinggan diartikan KBBI sebagai satu piring atau mangkuk besar (KBBI).

Walaupun disajikan dalam satu piring, kebutuhan akan karbohidrat, protein, lemak dan sayur akan terpenuhi dalam hidangan sepinggan ini. Beberapa sumber menyebutkan bahwa dalam 1 sajian makanan sepingga, mengandung lebih dari atau sama dengan 300 kalori.

Contoh makanan One Dish Meal yaitu:

1.Soto

Hidangan soto terdiri dari mie bihun, ayam, telur, daun kol, dengan pelengkap seperti daun seledri dan bawang goreng. Dalam perkembangannya, soto menyebar ke seluruh Nusantara dan diadaptasi di banyak daerah dengan masing-masing ciri khasnya. Soto menjadi hidangan One Dish Meal karena dalam satu mangkuk soto sudah terdapat karbohidrat, protein dan lemak yang dianggap sudah memenuhi kebutuhan gizi seseorang.

2.Nasi goreng

Nasi goreng adalah sebuah makanan sepinggan berupa nasi berbahasa latin oryza yang digoreng dan diaduk dalam minyak goreng atau margarin, biasanya ditambah kecap manis, bawang merah, bawang putih, asam jawa, lada, dan bahan-bahan lainnya seperti telur, ayam, dan kerupuk. Juga hidangan pelengakap seperti lalapan segar ketimun, kubis dan tomat. Maka dari itu nasi goreng disebut juga hidangan One Dish Meal.

3.Gado-Gado

Pada pembuatannya, gado-gado menggunakan bahan sayuran seperti selada, kubis, bunga kol, kacang panjang, taoge, wortel, daun singkong, mentimun. Serta bahan tambahan seperti kentang rebus dan telur rebus, tempe juga tahu. Apabila pecel atau lotek mencampurkan bumbu dengan bahan sayuran tadi dengan diulek atau ditumbuk, maka gado-gado mencampurkannya dengan cara disiram diatas bahan-bahan tersebut. Sama dengan pecel atau lotek, gado-gado biasa disantap dengan lontong maupun nasi. Dengan bahan makanan yang super lengkap tersebut makanan ini disebut juga hidangan sepinggan.

4.Bakso

Siapa yang tidak mengenal hidangan yang satu ini? Di dalam satu mangkuk bakso terdiri dari bakso mie, bakso daging, kikil, tahu, daun seledri dan bawang goreng. Makanan ini juga disebut sebagai makanan sepinggan karena didalam satu mangkuk bakso memiliki menu gizi yang cukup.

Baca juga Bakso Gedebog Pisang Kuah Jamur Merang Alternatif Makanan Sehat Ramah Lingkungan

5.Lontong Sayur

Hidangan ini sudah tidak asing lagi karena makanan tradisional dari Jawa ini sering dijadikan sebagai menu sarapan dibergabai daerah. Lontong sayur terdiri dari lontong, ayam atau telur, dan sayur. Hidangan ini dikatakan makanan sepinggan karena kelengkapan menu yang adadidalamnya (Detikfood, 2005).

Itulah beberapa menu makanan Indonesia yang bisa dikatakan sebagai makanan One Dish Meal. Masih terdapat banyak sekali makanan Nusantara yang dapat dikatakan sebagai makanan sepinggan dan dijadikan sebagai pengembangan produk-produk makanan.

Referensi

Detikfood. (2005, Mei 19). Detikfood. Retrieved from https://food.detik.com

KBBI. (n.d.). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Retrieved from kbbi.web.id

Susanti, V. (n.d.). Retrieved from Blogspot: http://vera-susanti.blogspot.com

Asih Putri ed NH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *