Search in:

Diet Bagi Penderita Gagal Ginjal

Sebelum dibahas lebih lanjut, Apa sih ginjal itu?

Ginjal manusia berfungsi untuk menyaring darah, mengeluarkan cairan yang berlebih, garam, mineral, dan sisa metabolism yang dimakan atau diminum. Namun berbeda dengan penderita gagal ginjal yang organnyasudah tidak mampu lagi menyaring dan mengeluarkan cairan sisa metabolism tubuh.

Diet adalah pengaturan pola makan dan menu makanan, diet bagi penderita gagal ginjal bertujuan untuk menyeimbangkan kadar elektrolit, mineral, dan cairan didalam tubuh agar meringankan beban kerja ginjal yang telah mengalami kerusakan dan penurunan fungsi.

Diet memang bagus bagi tubuh. Namun, bagi penderita gagal ginjal, diet yang dianjurkan berbeda dengan orang yang tidak memiliki penyakit tersebut.

Diet untuk para pasien gagal ginjal mungkin berbeda-beda untuk setiap penderitanya lantaran tergantung pada situasi, fungsi ginjal dan kesehatannya secara menyuluruh.

Umumnya ahli diet akan merekomendasikan tiga hal yaitu :

  1. Hindari produk dengan tambahan garam
  2. Pilih makanan dengan potassium rendah
  3. Batasi jumlah protein

Penderita gagal ginjal membutuhkan pengaturan makanan khusus, Karen organ ginjalnya tidak lagi bisa mengeluarkan zat-zat sisa dan racun dari dalam tubuh. Pengeturan diet gagal ginjal biasanya akan dilakukan oleh dokter spesialis gizi. Tujuan diet ini adalah agar ginjal tidak semakin rusak dan tidak terjadi komplikasi akibat gagal ginjal, misalnya penyakit jantung atau edema paru.

Nutrisi yang perlu dibatasi dalam diet gagal ginjal :

Pada penderita gagal ginjal, konsumsi makanan sumber protein dalam jumlah tinggi akan memperberat kerja ginjal dan memperparah kerusakan ginjal. Selain itu, sisa metabolism yang seharusnya dapat dikeluarkan melalui urine tidak bisa lagi disaring dan dibuang oleh ginjal.

  • Natrium

Natrium banyak terkandung didalam garam. Natrium dapat menahan cairan di dalam tubuh dan meningkatkan tekanan darah. Pada penderita gagal ginjal, hal ini akan membuat jantung dan paru bekerja lebih keras.

  • Kalium

Normalnya, kalium dibutuhkan oleh tubuh untuk pergerakan otot dan menjaga irama jantung. Namun, bagi penderita gagal ginjal, konsumsi kalium yang terlalu banyak bisa berbahaya. Ginjal yang rusak tidak lagi mampu menyeimbangkan kadar kalium didalam darah, sehingga menimbulkan kondisi yang disebut hyperkalemia.

  • Fosfor dan Kalsium

Ginjal yang sehat akan menyaring kelebihan fosfor dari dalam darah. Jika ginjal rusak, fungsi tersebut tidak lagi berjalan dengan baik, sehingga bisa terjadi hiperfosfatemia.

  • Cairan

Selain pengaturan menu makanan, pengaturan jumlah cairan juga sangat diperlukan. Pada penderita gagal ginjal kronis stadium akhir, karena konsumsi cairan dalam jumlah normal sekalipun dapat menyebabkan sesak napas akibat penumpukan cairan di paru-paru.

Berbeda dengan penyakit batu ginjal yang dapa sembuh total dengan berbagai cara, untuk penyakit gagal ginjal pasien hanya akan sembuh total dengan melakukan transplantasi ginjal (cangkok ginjal). Jika sudah seperti itu segala bentuk nutrisi dari makanan yang masuk ke tubuh pasien harus dijaga dan diperhatikan.

Referensi:

Pradita, Adanti, Diet Khusus Untuk Para Pasien Gagal Ginjal. 01 Oktober 2016. Diakses pada tanggal 25 Oktober 2020. https://www.liputan6.com/health/read/2613964/diet-khusus-untuk-para-pasien-gagal-ginjal

Dewi, Meristika Yuliana. Diet untuk Penderita Gagal Ginjal. 31 Desember 2019. Diakses pada tanggal 25 Oktober 2020. https://www.alodokter.com/diet-untuk-penderita-gagal-ginjal

Swari, Risky Candra. Diet Gagal Ginjal: Seberapa Penting dan Bagaimana Caranya?. 2 Oktober 2020. Diakses pada tanggal 25 Oktober 2020. https://hellosehat.com/urologi/ginjal/diet-gagal-ginjal/#gref

Baca juga Pengenalan Penyakit Ginjal

Fatien ed NH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *