Search in:

Kenali Manfaat Kolagen Untuk Kulit

Kolagen termasuk dalam kelompok protein yang tidak larut air, yang keberadaannya mencapai 30% dari seluruh protein penyusun tubuh manusia. Fungsi kolagen dalam tubuh manusia yaitu sebagai struktur organik pembangun tulang, gigi, sendi, otot dan kulit. Semakin bertambah umur akan mempengaruhi kadar kolagen dalam tubuh. Sedikitnya 1% kolagen dalam tubuh manusia hilang setiap tahun sehingga pada usia 30 tahun manusia kehilangan kolagen sekitar 15-20% dan pada usia 40 tahun.

Seberapa Besar Pengaruh Kolagen Bagi Kulit ?

Kolagen adalah komponen utama kulit yaitu berperan dalam memperkuat kulit, elastisitas dan menjaga hidrasi. Kolagen dalam kulit termasuk dalam jenis tipe 1 dari 4 tipe klasifikasi kolagen.

Berikut merupakan 4 tipe utama kolagen dalam tubuh:

  1. Tipe I. Jenis ini menyumbang 90% dari kolagen tubuh  dan terbuat dari serat yang padat. Ini memberikan struktur pada kulit, tulang, tendon, tulang rawan fibrosa, jaringan ikat, dan gigi.
  2. Tipe II. Jenis ini terbuat dari serat yang dikemas lebih longgar dan ditemukan di tulang rawan elastis, yang menjadi bantalan sendi .
  3. Tipe III. Jenis ini mendukung struktur otot, organ, dan arteri.
  4. Tipe IV. Jenis ini membantu filtrasi dan ditemukan di lapisan kulit

Seiring bertambahnya usia, tubuh akan menghasilkan lebih sedikit kolagen, yang menyebabkan kulit kering dan pembentukan keriput.  Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa peptida kolagen atau suplemen yang mengandung kolagen dapat membantu memperlambat penuaan Wanita yang mengonsumsi suplemen yang mengandung 2,5–5 gram kolagen selama 8 minggu mengalami lebih sedikit kekeringan kulit dan peningkatan elastisitas kulit yang signifikan dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi suplemen . Penelitian lain menemukan bahwa wanita yang minum minuman yang dicampur dengan suplemen kolagen setiap hari selama 12 minggu mengalami peningkatan hidrasi kulit dan penurunan kedalaman kerutan yang signifikan dibandingkan dengan kelompok kontrol

Hormon estrogen memiliki keterkaitan dengan menurunnya jumlah kolagen dalam tubuh.Kerusakan kolagen pada kulit dapat disebabkan oleh paparan radiasi UV-A dan UV-B dari sinar matahari. Mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan tinggi, seperti buah-buahan dan sayuran, juga dapat mencegah kerusakan kolagen.

Bahan Alami Sumber Kolagen

Metabolisme kolagen dimulai dari bentuk prokolagen. Tubuh membuat prokolagen dengan menggabungkan dua asam amino – glisin dan prolin. Proses ini menggunakan vitamin C.

Beberapa zat gizi yang penting dalam membantu produksi kolagen dalam tubuh :

  1. Vitamin C. Jumlah besar ditemukan dalam buah jeruk, paprika, dan stroberi
  2. Prolin. Jumlah besar ditemukan dalam putih telur, gandum, produk susu, kubis, asparagus, dan jamur
  3. Glisin. Jumlah besar ditemukan pada, kulit ayam, dan gelatin, tetapi glisin juga ditemukan pada berbagai makanan yang mengandung protein
  4.  Tembaga. Jumlah besar ditemukan dalam jeroan, biji wijen, bubuk kakao, kacang mete, dan lentil

Selain itu, tubuh juga membutuhkan protein berkualitas tinggi yang mengandung asam amino yang dibutuhkan untuk membuat protein baru. Daging, unggas, makanan laut, produk susu, kacang-kacangan, dan tahu adalah sumber asam amino yang sangat baik.

DAFTAR PUSTAKA

Brianna Elliott (2020) Top 6 Benefits of Taking Collagen Supplements, Healthiline. diakses dari https://www.healthline.com pada tanggal 21 November 2020

Ganceviciene, R. et al. (2012) ‘Skin anti-aging strategies’, Dermato-endocrinology, 4(3), pp. 308–319.

H, L. et al. (2000) ‘Collagen: The Fibrous Proteins of the Matrix’, in Molecular Cell Biology. 4th edition. New York: W. H. Freeman.

Kerri-Ann Jennings (2020) Collagen — What Is It and What Is It Good For?, Healthiline. diakses dari https://www.healthline.com pada tanggal 21 November 2020

Indahtul ed NH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *