Search in:

Dahulukan Memakan Buah, Manfaatnya Luar Biasa.

Rasulullah s.a.w. bersabda “sekiranya salah seorang di antara kalian akan berbuka puasa, hendaklah ia melakukannya dengan buah kurma. Sesungguhnya, hal itu merupakan berkah.”  Menyantap buah terlebih dahulu memberikan manfaat bagi kesehatan.

Kandungan dalam buah

Buah memiliki banyak mengandung glukosa dan fruktosa, yaitu karbohidrat golongan monosakarida yang lebih mudah dicerna dibandingkan dengan sumber makanan lain, seperti protein dan lemak. Glukosa merupakan hasil akhir pencernaan pati, sukrosa, maltose dan laktosa pada hewan dan manusia.

Dalam proses metabolisme, glukosa merupakan bentuk karbohidrat yang beredar di dalam tubuh dan di dalam sel sebagai sumber energi. Dalam keadaan normal system saraf pusat hanya dapat menggunakan glukosa sebagai sumber energi. Glukosa dalam bentuk bebas hanya terdapat dalam jumlah terbatas dalam bahan makanan.

Glukosa dapat dimanfaatkan untuk diet tinggi energi.  Sedangkan fruktosa dinamakan juga gula buah, gula yang paling manis. Fruktosa dapat diolah dari pati dan digunakan secara komersial sebagai pemanis. Minuman ringan banyak menggunakan sirup jagung tinggi fruktosa sebagai bahan pemanis. Fruktosa di dalam tubuh merupakan hasil pencernaan sakarosa.

Buah segar lebih baik dikonsumsi sebelum makan, sedangkan buah kering utamanya dikonsumsi setelah makan. Daftar buah musiman yang baik dikonsumsi sebelum makan : kurma matang segar, anggur putih, buah tin, almond segar, jus tebu, delima, melon, timun kecil dan berkulit halus, timun Panjang, mulberi, apel, dan plum.

Manfaat Konsumsi Buah sebelum Makan

  • membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah
  • mampu melindungi tubuh dari efek radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan
  • membantu mencegah sembelit dan masalah pencernaan lainnya.

Kartika ed NH

Referensi:

dr. Allert Benedicto Ieuan Noya. 2019. Ketahui Manfaat Makan Buah Sebelum Makan. diakses pada https://www.alodokter.com/sehatnya-makan-buah-sebelum-makan-atau-sesudah-makan. Tanggal 29 November 2020.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *