Search in:

Mengatasi Insomnia dengan Makanan

Tidur merupakan aktivitas yang memiliki fungsi biologis yang sangat penting (1). Salah satu gangguan tidur yang sering dialami oleh sebagian besar orang adalah Insomnia yaitu gangguan tidur yang menyebabkan sesorang sulit tidur. Insomnia berdampak terhadap masalah kesehatan yang serius (2). Seseorang yang kurang tidur akan berpengaruh terhadap fungsi memori dan kognitif otak, kinerja, imun dan fungsi metabolisme dalam tubuh. Banyak faktor yang berpengaruh terhadap kualitas dan kuantitas tidur kita, salah satunya adalah makanan (1). Lalu, makanan apa saja yang bisa membantu kita ketika kita mengalami insomia?

Yuk baca beberapa makanan yang bisa mengurangi insomnia :

1. Yoghurt

Yoghurt merupakan produk olahan susu yang merupakan sumber triptofan. Triptofan adalah salah satu asam amino yang berperan dalam mensintesis serotonin dan melatonin, yaitu senyawa yang mengatur siklus alami tubuh untuk bangun dan tidur. Sebuah penelitian mengatakan bahwa peningkatan makanan sumber triptofan di malam hari dikaitkan dengan peningkatan kualitas tidur sesorang  (3). 

2. Gandum dan Oat

Gandum dan Oat merupakan makanan yang mengandung zat melatonin (2). Melatonin adalah hormon yang berperan penting dalam mengatur pola tidur yang di produksi oleh kelenjar pineal dan diatur oleh siklus terang atau gelap (4).

3. Susu, Telur, Ikan dan kacang kacangan

Susu, telur, ikan serta kacang-kacangan terutama kacang merah, edamame dan almond merupakan makanan hewani sumber zat melatonin alami (2) dan makanan tersebut mengandung vitamin B6 dan B12 yang berkontribusi dalam produksi hormon melatonin. Selain itu pada ikan yang banyak mengandung asam lemak omega 3 diataranya adalah  ikan salmon dan tuna terbukti membantu mengatur produksi melatonin (3) .

4. Ceri dan Kiwi

Ceri diketahui merupakan salah satu sumber alami terbaik melatonin yang memacu tidur. Sebuah penelitian menemukan bahwa jus ceri meningkatkan durasi dan kualitas tidur pada orang insomnia. Buah kiwi merupakan sumber serotonin yang baik yang membantu menjaga kualitas tidur. sebuah studi mengatakn bahwa mengonsumsi dua buah kiwi berukuran sedang sebelum tidur selama 2 bulan signifikan mengatasi gangguan susah tidur. Selain buah ceri dan kiwi, diketahu bahwa buah nanas, pisang juga merupakan sumber melatonin (3).

Sumber :

1.Halson SL. Nutritional Intervention to Engance Sleep. Sport Sci Exch. 2013;26(116):1–5.

2.Meng X, Li Y, Li S, Zhou Y, Gan R, Xu D, et al. Dietary Sources and Bioactivities of Melatonin. Nutrients. 2017;9(Figure 1):1–64.

3.Beck L. Eating these foods could provide bedtime benefits. Globe Mail. 2018;09.

4.Pereira N, Naufel MF, Ribeiro EB, Tufik S, Hachul H. Influence of Dietary Sources of Melatonin on Sleep Quality : A Review. J Food Sci. 2020;85(1):5–13.

Baca juga POLA TIDUR YANG BAIK DITINJAU DARI PRESPEKTIF ISLAM DAN SAINS

Lulu Luthfiah ed NH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *