Search in:

Kuning telur warna oranye lebih sehat dari kuning telur berwarna pucat??

Telur adalah salah satu sumber makanan hewani yang terjangkau, kaya nutrisi  dan mudah didapat.  Dari begitu banyak telur yang dijual dipasaran, warna bagian kuning telur bisa berbeda-beda. Ada yang memiliki warna kuning pucat, kuning keemasan, sampai kuning yang cenderung oranye.

Benarkah anggapan bahwa kuning telur yang berwarna oranye lebih sehat dibanding kuning telur berwarna kuning pucat??

Berdasarakan beberapa sumber warna kuning telur bisa berbeda-beda seperti halnya warna cangkang telur. Telur dengan cangkang coklat , biasanya dihasilkan dari ayam berbulu cokelat atau warna merah dan cuping telinga berwarna merah. Sedangkan telur dengan warna cangkang lebih putih dihasilkan dari ayam berbulu putih dan cuping telinga berwarna putih. Selain itu, warna kuning telur dipengaruhi asupan yang dikonsumsi induk ayam.

Penulis buku “Read it Before You Eat” menjelaskan bahwa makanan ayam betina mempengaruhi warna kuning telur.

Kandungan Kuning Telur

Kuning telur dengan keberagaman warnanya memiliki kandungan air lebih sedikit, lebih banyak lemak, dan mengandung protein lebih sedikit dari putih telur. Makan satu telur utuh dapat membuat perut lebih kenyang dibanding hanya memakan salah satunya, selain itu konsumsi  telur utuh juga dapat menyeimbangkan konsumsi  protein, lemak dan kalori yang tepat.

Retno Nurhayatun ed NH

Baca juga Kerak Telor Makanan Khas Betawi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *