Search in:

Webinar Memperingati Hari Gizi Nasional 2021

Selasa 2 Februari 2021, Program Studi Ilmu Gizi melaksanakan Webinar memperingati Hari Gizi Nasional dengan tema “Peran Gizi Seimbang dalam Upaya pencegahan Malnutrizi dan Peningkatan Imunitas di Era Pandemi”. Webinar kali ini dilakukan secara online di Zoom Meeting. Topik bahasan Webinar kali ini adalah Peran dan aplikasi gizi seimbang dalam meningkatkan sistem imun serta Tips dan peran gizi seimbang dalam mencegah malnutrisi di era new normal pada masa Pandemi ini.

Acara webinar ini dibuka resmi oleh Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Al-Ustadz Apt. Amal Fadholah, M.Si sekaligus memimpin doa untuk membuka acara webinar kali ini. Adapun webinar ini diikuti oleh 120 orang peserta terdaftar. Dan kegiatan ini dimoderatori oleh Dosen Program Studi Ilmu Gizi Al-Ustadzah Lulu’ Luthfiyah, S.Gz., M.P.H.

Webinar Nasional Himpunan Mahasiswi Gizi memiliki tujuan untuk meningkatkan kapabilitas peserta untuk memahami isu kesehatan dan cara menghadapi Pandemi ini dengan meningkatkan pengetahuan peserta dalam bidang Kesehatan dengan meningkatkan imunitas tubuh serta mencegah malnutrisi di Era new normal Pandemi ini.

Terdapat dua pembicara yaitu pembicara pertama adalah Prof.dr.Evy Damayanthi,MS beliau adalah Ketua Dewan Guru besar di IPB (Institut Pertanian Bogor) pembicara kedua yaitu Al-Ustadzah Amilia Yuni Damayanti S. Gz, M.Giz beliau adalah Wakil Dekan Fakultas Kesehatan Universitas Darussalam Gontor. Kedua pembicara membawakan materi yang sangat menarik dan informatif terkait bidang Kesehatan di Indonesia khususnya pada saat pandemi dengan new normal ini. Hal ini membuat peserta yang hadir begitu antusias dalam mengikuti jalannya webinar ini.

Pemaparan dari Pemateri Pertama yakni :

Membahas tentang Gizi Seimbang,Sistem Imun dan Covid 19 dan Riset Herbal.

Ada Empat Pilar Gizi Seimbang

  1. Mengonsumsi makanan beraneka ragam (proporsi yang seimbang, air minum yang cukup, batasi GGL ( Garam,Gula,Lemak))
  2. Membiasakan perilaku hidup bersih
  3. Melakukan aktifitas fisik
  4. Mempertahankan dan memantau berat badan normal

“Status gizi optimal bermanfaat bagi system imun agar berfungsi dengan baik,melindungi dari infeksi virus”.Impak zat gizi dan status gizi terhadap kekebalan,Imunologi gizi 1920 an. Kekurangan zat gizi mikro berpengaruh buruk bagi fungsi imun karena menurunkan kekebalan tubuh melawan infeksi. Sejak Desember,2019 , coronavirus, SARS-CoV-2 (COVID_19). SARS-CoV (Severe Acute Respiratory Syndrome) and MERS-CoV ( Middle East Respiratory Syndrome). COVID-19 (Coronavirus) merupakan penyakit dari hewan (zoonosis) ketiga terpenting.

Perspektif respon Imun infeksi SARS-CoV-2 dibagi dalam 3 tahap :

  1. Tahap asymptomatic
  2. Tahap dengan gejala tidak berat,dan
  3. Tahap gejala kesulitan bernafas

Riset Herbal

  • Sebanyak 70-80 % masyarakat di negara berkembang menggunakan obat herbal untuk menjaga kesehatannya di bandingkan dengan obat sintetik(Hamitton 2004)
  • Tanaman obat : komponen bioaktif terutama senyawa metabolit sekunder seperti : steroids,alkaloids,diterpenes,triterpenes,aliphatics dan glycosides.
  • India, Menteri AYUSH ( Ayurvedic,Yoga dan Naturophaty,Unani,Shidda dan Homeopathy) menyarankan minum Kadha sebagai booster untuk kekebalan ( AYUSH Advisory 2020), Kadha : ekstrak dari rempah-rempah dan herbal.

Tujuan utama adalah untuk mem-boot ulang fungsi imun yang terkait dengan :

  • Meningkatkan kekebalan melalui mediasi aktivitas anti-inflamasi,
  • Meningkatkan fungsi sel imun,aktivitas
  • APC (Antigen Presenting Cell) dan menekan mediator pro-inflamasi.
  • Selain itu,mereka juga memediasi komunikasi sel-sel efektif selama respon imun innate dan adaptif (Sarfraz et al., 2020)

“Tidaklah Allah menciptakan/menjadikan sesuatu itu sia-sia melainkan ada hikmahnya”(QS.Ali Imran ayat 191 ).

“Telah nampak kerusakan di darat dan di lautan disebabkan karena perbuatan tangan manusia,supaya Allah merasakan kepada mereka sebagian dari (akibat) perbuatan mereka,agar mereka kembali (ke jalan yang benar).”( QS.Ar-Ruum ayat 41 )

Maka dari itu untuk situasi pandemi Covid 19 disikapi dengan :

  • Menerapkan gaya hidup sehat yaitu Gizi Seimbang,
  • Mengonsumsi produk pangan alami untuk :
    • Meningkatkan kekebalan tubuh fungsi tubuh guna memerangi keparahan infeksi virus.
    • Memberikan resistensi terhadap organisme patogen

Pemaparan dari Pemateri kedua yaitu :

Dalam Kondisi pandemic covid-19 di era new normal saat ini,kajian tentang status gizi sangat relevan karena berperan penting pada fungsi sistem kekebalan tubuh,yang diperlukan untuk menghadapi infeksi virus.

Malnutrisi dikaitkan dengan disfungsi kekebalan,kodisi ini dapat membuat individu lebih rentan terhadap infeksi virus ( Jayawardena et al.,2020 )

“ Makanlah diantara rezeki yang baik yang telah kami berikan kepadamu,dan janganlah melampaui batas padanya,yang menyebabkan kemurkaan-Ku menimpamu. Dan barangsiapa ditimpa oleh kemurkaan-Ku, maka sesungguhnya binasalah ia “ (Thaha : 81 )

Dan jangan lupa untuk memakan makanan yang Halal dan Thayib dan janganlah kamu memakan makanan yang haram seperti bangkai,darah,daging babi,(daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah yang tercekik,yang tercekik,yang terpukul,yang jatuh,yang ditanduk,dan diterkam binatang buas… (Al-Maidah ayat 3-4)

Tips aktivitas fisik di era new nornal yaitu :

  1. Aktif secara fisik dan mengurangi perilaku menetap yang dapat dilakukan dengan menghindari duduk dalam jangka waktu yang lama.
  2. Melakukan aktifitas fisik dengan memanfaatkan kelas olahraga online
  3. Menggunakan teknologi seluler seperti aplikasi telepon dan sensor yang dapat dikenakan untuk mendorong gerakan
  4. Contoh senam dirumah yang tidak memerlukan ruang yang besar/lebih banyak peralatan sementara yang dilakukan setiap saat dalam sehari termasuk berjalan,menaiki tangga,mengangkat dan membawa bahan makanan,kursi jongkok,push-up,shit-up,lompat tali,yoga,pilates dan TaiChi.

“ Orang Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai oleh Allah daripada orang mukmin yang lemah” HR.Muslim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *