Search in:

Kegiatan Praktikum Konseling Gizi

Para ahli educator gizi mendefinisikan pendidikan gizi sesuai dengan sudut pandang dan pengalaman yang berbeda. Dalam arti sempit pendidikan gizi diartikan sebagai penyebar luasan informasi tentang gizi tentang apa yang baik untuk dikonsumsi dan apa yang tidak baik untuk dikonsumsi.

Tujuan Konseling Gizi

Secara umum konseling gizi bertujuan membantu klien dalam upaya mengubah perilaku yang berkaitan dengan gizi sehingga dapat meningkatkan kualitas gizi dan kesehatan klien, meliputi perubahan pengetahuan, perubahan sikap dan perubahan tindakan. Dalam konseling gizi terjadi proses komunikasi dua arah memberikan kesempatan konselor dan klien saling mengemukakan pendapat.

Konselor memberikan informasi dan arahan yang positif yang dapat mengubah informasi negatif. Konselor juga mengarahkan klien untuk mampu menentukan sikap dan keputusan untuk mengatasi masalah gizi yang dialami. Jadi tujuan konseling adalah membantu klien dalam upaya mengubah perilaku yang berkaitan dengan gizi sehingga mampu meningkatkan kualitas gizi dan kesehatannya.

Konseling gizi merupakan kompetensi yang wajib dimiliki oleh seorang ahli gizi. Kegiatan konseling akan selalu dilakukan oleh ahli gizi dalam setiap upaya edukasi gizi kepada klien, pasien dan masyarakat. Kegiatan konseling memiliki beberapa langkah-langkah dasar yang harus dilakukan oleh konselor agar konseling gizi yang dilakukan dapat menghasilkan output yang maksimal.

Hal yang perlu disiapkan :

Sebelum melakukan konseling pada pasien, mahasiswi gizi mendapatkan penjelasan mengenai mata kuliah konseling gizi, kemudian mahasiswi ditugaskan untuk membuat suatu video yang menunjukkan tata cara konseling dan menjadi konselor yang baik dan 1 video lain menunjukkan tata cara konseling dan menjadi konselor yang tidak baik. Mahasiswi dibagi menjadi 3 kelompok yang terdiri dari 6 anggota yang kemudian akan berperan sebagai konselor dan juga sebagai pasien. Setelah membuat video peragaan konseling, mahasiswi diminta untuk mempresentasikan hasil tugasnya.

Pembuatan tugas video konseling sangatlah penting untuk memberikan gambaran kepada seluruh mahasiswi mengenai kegiatan konseling yang sebenarnya. Sehingga ketika menghadapi konseling dengan pasien yang sesungguhnya, mahasiswi akan lebih siap untuk melakukan konseling gizi kepada pasien dan dapat memposisikan diri sebagai konselor gizi yang sesungguhnya.

Safira ed NH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *