Search in:

Mitos dan Fakta Seputar Diet Part 2

Sebelum membaca tulisan ini pastikan sudah membaca mitos dan fakta seputar diet bagian 1 ya, disana sudah dijelaskan beberapa mitos dan fakta seputar diet, yuk kepoin kelanjutannya! Artikel kali ini kita akan membahas tentang tips diet menurunkan berat badan dengan cara  boleh mengonsumsi apapun tanpa ada batasan batasan, diet dengan tidak mengonsumsi semua makanan sumber lemak. Jika ingin menurunkan berat badan, maka jangan konsumsi makanan sumber lemak apapun, benar atau salah?

Yuk simak penjelasan berikut ini :

1. Tanpa ada batasan-batasan

Seseorang bisa menurunkan berat badan sambil makan apapun yang di . inginkan tanpa ada batasan batasanHal ini adalah MITOS. FAKTANYA, untuk menurunkan berat badan, seseorang perlu menggunakan lebih banyak kalori daripada yang dikonsumsi, Kita perlu membatasi jumlah kalori yang kita makan dan meningkatkan aktivitas fisik untuk dapat menurunkan berat badan (1). Berdasarkan peelitian yang dilakukan oleh Dyke, makan apapun yang diinginkan tidak dapat menurunkan berat badan (2). Kunci dari menurunkan berat badan yaitu mengontrol porsi makan. Cobalah makan makanan dalam jumlah kecil dan pilih makanan yang rendah kalori (1). Tips yang dapat kita lakukan ketika diet tapi masih ingin mengonsumsi makanan favorit adalah tetap memperhatikan jumlah total kalori yang kita makan.

2. Tidak Mengkonsumsi lemak apapun

Jika ingin menurunkan berat badan, maka jangan konsumsi makanan sumber lemak APAPUN itu, hal ini adalah MITOS, FAKTANYA lemak merupakan zat gizi yang penting bagi kita semua. Lemak memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Nah yang perlu diperhatikan adalah jenis lemaknya. Jenis lemak yang dapat baik dkonsumsi adalah lemak tak jenuh tunggal, yang ditemukan dalam biji-bijian, kacang-kacangan, dan minyak zaitun. Lemak omega-3, yang banyak ditemukan pada ikan, menyehatkan jantung dan bahkan dapat menurunkan risiko kanker dan stroke. Namun,tetap ya harus diperhatikan pula jumlah yang dikonsumsi, jangan berlebihan (3).

3. Konsumsi kacang-kacangan

Mengonsumsi kacang akan membuat kita gemuk dan kita tidak boleh mengonsumsi kacang kacangan ketika ingin menurunkan berat badan. Hal ini adalah MITOS, FAKTANYA dalam jumlah sedikit, kacang-kacangan bisa menjadi bagian dari program penurunan berat badan yang sehat. Kacang mengandung zat gizi tinggi kalori dan lemak, namun, kebanyakan kacang mengandung lemak yang baik untuk tubuh. Kacang juga merupakan sumber protein, serat makanan, dan mineral yang baik seperti magnesium dan tembaga (1).

Demikian beberapa mitos dan fakta seputar diet, jadi jangan sampai salah dalam berdiet ya !

REFERENCES

1. U.S. Department of Health and Human Services. Weight-loss and Nutritional Myths. NIH. 2014;

2. Dyke N Van, Drinkwater EJ. Review Article Relationships between intuitive eating and health indicators : Literature review Review Article Relationships between intuitive eating and health indicators : literature review. Public Health Nutr. 2013;

3. Scholat A, Young J, Duffy S, Denmark B, Schloat S, Thompso M, et al. Nutrition Myths and Facts. Human Relations Media [Internet]. 2009; Available from: http://207.195.80.22/system/guides/nutrition_myths_and_facts.pdf

Baca juga Mitos Dan Fakta Seputar Diet Part 1

Lulu’ Luthfiya, MPH ed NH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *