Search in:

Queen of Language This Year

Jum’at, 12 Maret 2021 bertepatan dengan tanggal 28 Rajab 1442H, Universitas Darussalam Gontor (UNIDA Gontor) kembali melaksanakan kegiatan puncak acara Language Olympiad (LO), yaitu pemilihan Queen of Language (QL). Kegiatan LO berlangsung dari tanggal 8 Maret 2012, serangkaian acara seleksi QL serta workshop Bahasa arab dan Inggris mengiringi rangkaian kegiatan LO. 60 peserta berkompetisi untuk mengetahui kemampuan diri dalam QL. Adapun Bahasa yang diujikan berupan Bahasa Arab dan Inggris, mungkin berikutnya aan bertambah dengan Bahasa resmi PBB yang lain. Ketremilan bahasa yang diujikan pun terdiri atas 4 keterampilan yaitu Listening, Reading, Writing dan terakhir Speaking.

Ujian keterampilan dilakukan secara bertahap. Jadi, mereka melalui seleksi Listening, Reading, Writing  kemudian diambil 5 terbaik dari 60 peserta. Sungguh kompetisi yang tidak mudah bukan. Lima kontestan yang diambil ini akan diuji speaking pada puncak kegiatan QL. Setelah perjalanan Panjang untuk mencari peserta terbaik muncullah lima nama dari lima prodi yang berbeda. Mereka adalah Annisa Nur Afifah (IQT/4), Sayyida Nafisa (GIZI/2), Rahma Andina (HI/6), Fauziyah Wiranti Brilliana (PM/6) dan Dina Ayu Wulandari (PBA/6).

Ujian speaking dimulai dengan perkenalan oleh masing-masing kandidat QL, kemudian dilanjutkan dengan Language Lawyer Club (LLC). LLC ini diperuntukkan untuk melihat sejauh mana kandidat memahami topik diskusi serta memberikan data yang logis untuk mendukung topik tersebut. QL pada tahun ini mengambil tema vaksinasi COVID-19, tiga peserta harus menjawab kontra terhadap vaksin dan dua peserta menjawab kontra.

Berbekal informasi dari berbagai sumber, analisis, dan penarikan kesimpulan 5 kandidat ini memberikan jawaban yang menarik. Setelah sesi LLC, kandidat dilanjutkan dengan kompetisi memahami gambar. Peserta akan dipilihkan gambar yang kemudian kandidat akan menjelaskan makna gambar selama 3 menit. Kompetisi diakhiri dengan tanya jawab dengan dewan juri mengenai peran QL pada peningkatan keterampilan bahasa di Kampus Unida Gontor putri khususnya. QL 2021 diraih oleh Rahma Andina (HI/6).

Hafidhotun Nabawiyah, MPH ed NH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *