Search in:

Menu Diet Mediterania Ala Indonesia 1

Diet mediterania merupakan salah satu diet yang berasal dari kawasan mediterania yang diadaptasi dari kebiasaan penduduknya.  Prinsip diet mediterania berupa konsumsi sayuran, buah-buahan, biji-bijian dan lemak tidak jenuh seperti contohnya minyak zaitun. Diet mediterania mengurangi konsumsi daging dan dapat diganti dengan ikan ataupun daging ayam tanpa kulit.

Manfaat Diet Mediterania

Manfaat diet mediterania bagi tubuh yaitu memiliki efek yang signifikan dalam menurunkan  faktor risiko sindrom metabolik dengan menurunkan lingkar pinggang,  trigliserida dan kadar glukosa puasa. Selain itu, diet Mediterania memiliki efek positif terhadap faktor risiko sindrom metabolik antara lain kolesterol High Density Lipoprotein (HDL), sistolik tekanan darah, dan diastolik tekanan darah yang bersifat kardiovaskular protektif.

Selain memilih bahan makanan yang sehat perlu diperhatikan juga cara pengolahannya. Pengolahan makanan dengan cara tidak digoreng tetapi lebih memilih raw food atau diolah dengan cara direbus, dikukus atau ditumis lebih dianjurkan. Kekayaan kuliner Indonesia yang berlimpah dapat dijadikan sebagai menu diet medietarnia. Selama ini menu diet mediterania masih berasal dari kawasan mediterania padahal menu diet dapat disesuikan dengan kuliner dari negara masing-masing.

Yuk kita bahas ulasan beberapa menu khas Indonesia yang sesuai dengan prinsip diet mediterania:

1. SUP SAYURAN

Sup sayuran biasanya dibuat dari berbagai variasi sayur diantaranya yaitu wortel, kentang, kacang polong, aneka jamur, kembang kol, brokoli, kubis, tomat, seledri, daun bawang dan sebagainya. Kandungan sayuran mengandung vitamin, mineral dan antioksidan yang dapat memberikan manfaat bagi tubuh.

Kandungan Gizi Sup Sayuran Per 100 g

EnergiLemakKarbohidratProtein
30 Kal0,8 g4,97 g0,88 g
Sumber :(Fat Secret Indonesia, 2021)

Indahtul ed NH

Baca juga MANFAAT DIET MEDITERANIA SELAMA MASA KEHAMILAN

Bersambung….

           

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *