Search in:

Makanan Pelindung Sinar Ultra Violet

Sinar Matahari bermanfaat bagi kesehatan tetapi apabila berlebihan terpapar ini juga meningkatkan risiko berbagai gangguan kesehatan seperti kanker kulit. Melindungi kulit dari sinar matahari tak hanya dari krim atau memakai pakaian saja, bisa juga dari makanan. Disini kami akan membahas tentang makanan apa saja yang dapat melindungi dari radiasi ultraviolet.

1. Karotenoid

Pigmen merah yang ditemukan dalam buah dan sayuran seperti tomat, semangka, jambu biji merah muda, jeruk merah, jeruk bali, rosehip, wortel, paprika dan papaya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi 10 hingga 16 miligram likopen per hari dalam bentuk suplemen atau pasta tomat dicampur dengan minyak zaitun dapat memberikan manfaat fotoprotektik yang berarti memberikan perlindungan kulit terhadar Ultra Violet.

2. Vitamin C dan E

Sumber vitamin C berasal dari jeruk, tomat, paprika merah dan hijau, buah kiwi, brokoli kubis brussel dan strawberry sedangkan vitamin E seperti minyak nabati, kacang-kacangan, biji-bijian, bayam, brokoli dan buah kiwi.

Vitamin C dikombinasikan dengan vitamin E, penelitian amerika menujukkan hal itu dapat mengurangi tingkat luka bakar kulit dan mengurangi jumlah kerusakan DNA paparan dari sinar UV.

3. Omega-3

Beberapa penelitian menyarankan suplementasi dengan lemak tak jenuh ganda omega-3, terutama asam eicosapentaenoic, atau EPA, dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV. Sumber makanan umum asam lemak omega-3 termasuk ikan berlemak seperti salmon, mackerel, herring dan sarden.

Omega-3 juga dapat mengurangi tanda-tanda penuaan, kulit kering dan penipisan kulit.

4. Polifenol

Polifenol adalah antioksidan kuat yang ditemukan pada tanaman, seperti buah-buahan dan sayuran, biji-bijian dan bunga.  Teh hitam dan hijau, anggur merah dan makanan seperti kakao dan cokelat hitam, kacang-kacangan, kedelai, beri dan artichoke.

Referensi :

Esther L Ellis, MS, RDN, LDN. 2021. SPF: Sun Protection Foods. Food and Nutrition. Diakses pada tanggal 07 Oktober 2021.

NH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *