Search in:

Gizi Bakti Masyarakat Himagizi Universitas Darussalam Gontor 2021

Gizi Bakti Masyarakat merupakan suatu kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswi Prodi Gizi Universitas Darussalam Gontor. Acara ini dilaksanakan pada tanggal Jum’at, 22 Oktober-24 Oktober 2021. Tempat pelaksanaannya bertempat di Gontor Putri 1, Gontor Putri 2 dan  Universitas Darussalam Gontor Putri . Gizi Bakti Masyarakat tahun 2021 ini mengusung tema “Ciptakan Generasi Sehat Bebas Malnutrisi”.  Sasaran dari kegiatan ini adalah para remaja santirwati dan mahasiswi di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus Putri. Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah,

  • Meningkatkan pengetahuan dan wawasan masyarakat tentang bahaya malnutrisi dan mencegah atau mengurangi prevalensi terjadinya malnutrisi pada masyarakat.
  • Memfasilitasi mahasiswi semester 1, 3, 5 dan 7 untuk berlatih terjun ke masyarakat dengan berpartisipasi sebagai panitia, penyuluh dan juga konselor.

Kegiatan yang dilakukan pada Gizi Bakti Masyarakat ini berupa penyuluhan yang diisi oleh mahasiswi gizi semester 5, Adanya penyuluhan ini diharapkan dapat menigkatkan pengetahuan santriwati terhadap malnutrisi. Selain penyuluhan, terdapat juga penilaian status gizi berupa pengukuran antropometri yang terdiri dari pengukuran berat badan, tinggi badan, lingkar pinggang, LILA dan pengukuran biokimia berupa tensi dan pengukuran kadar hemoglobin. Pemantauan status gizi penting dilakukan khususnya pada remaja putri untuk meningkatkan status kesehatan santriwati.

Kegiatan lain yang mendukung acara ini yakni konseling gizi. Konseling gizi bertujuan untuk memberikan edukasi terhadap santriwati dan mahasiswi terkait bahaya malnutrisi dan cara pencegahannya. Harapan dari kegiatan Gizi Bakti Masyarakat ini adalah dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan masyarakat tentang bahaya malnutrisi dan agar terciptanya masyarakat sehat bebas malnutrisi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *