Search in:

Sekilas

Program Studi ini merupakan suatu cabang ilmu yang mempelajari hubungan antara makanan yang dimakanĀ  dengan kesehatan tubuh yang diakibatkannya serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Cabang ilmu ini diperlukan sebab adanya peningkatan masalah-masalah yang timbul akibat transisi epidemiologi dalam bidang gizi, pesatnya pertumbuhan industri pangan, jumlah dan tuntutan mutu institusi pelayanan gizi dan makanan. Selain itu bidang ilmu ini juga untuk menjaga peningkatan penyebaran penyakit baik infeksi maupun degeneratif yang berakar pada kurang gizi sejak masa kehamilan, dan timbulnya masalah obesitas sejak usia dini meningkatkan beragam problematika gizi kini dan akan datang. Semua itu memerlukan tenaga gizi yang handal dan profesional serta tanggapan dalam mengantisipasi perkembangan masalah gizi baik nasional maupun internasional.

Keunggulan Program Studi

Keunggulan Program Studi ini adalah mempersiapkan para ahli yang berkompeten di bidang kegizian, baik skala nasional maupun internasional dengan tetap berasaskan pada kajian terhadap makanan halal. Selain itu program studi ini bekerjasama dengan Universitas Gadjah Mada (Assistance Program) sebagai upaya menjadi program studi gizi bereputasi internasional serta membentuk international halal food and nutrition center.

Metode Pendidikan

Dalam aplikasi pendidikan ilmu gizi, program studi memiliki beberapa metode antara lain :
1. Classical Lecture
2. Praktikum
3. Skills Lab
4. Seminar
5. Praktek kerja di institusi
6. Studi literatur

Profesi Lulusan

Dosen, Konsultan gizi, Pegawai Rumah Sakit, Konsultan Industri makanan dan minuman, Peneliti di lembaga-lembaga pemerintahan (Kesehatan, pertanian, badan ketahanan pangan, dll.), Pengawas makanan di Industri perhotelan dan pariwisata, LSM bidang gizi dan kesehatan, wirausaha di bidang pangan dan gizi