Search in:

Memecahkan suatu masalah dan mencari solusinya

Mahasiswi Universitas Darussalam Program Studi Gizi semester 6 mendapatkan tugas dari dosen pada mata pelajaran PIPG (Perencanaan Intervensi Program Gizi) untuk mewawancarai beberapa tempat untuk mencari permasalahan kesehatan yang ada di Posyandu Merpati, Puskesmas Sambirejo, Dinas Kesehatan, Badan Pengawas Statistik Ngawi, dan Badan Pertahanan Pangan. oppKami mengajukan beberapa pertanyaan kepada bapak dan ibu yang bertugas di sana, Tanpa disadari begitu banyak permasalahan di luar sana yang belum kita ketahui, fungsi dari terjun lapangan kita kali ini agar dapat menguasai dan memahami situasi luar dan masyarakat di daerah Ngawi. Beberapa jenis permasalahan gizi yang ada di masyarakat Ngawi yaitu balita gizi kurang, mortalitas kematian bayi dikarenakan kurangnya asupan yang diberikan yang disebabkan oleh tingkat ekonomi rendah.

Permasalahan gizi pada anak disebabkaan oleh banyak faktor seperti, permasalahan ekonomi, kurangnya pengetahuan ibu tentang gizi, keterbatasan bahan makanan, pendapatan rendah, serta kurang kepedulian orang tua terhadap asupan gizi anak. Dinas kesehatan sudah melakukan beberapa penanganan untuk memecahkan permasalahan tersebut seperti diadakannya posyandu di berbagai desa, adanya program kegiatan untuk ibu hamil dan berbagai macam kegiatan dan program lainnya. Permasalahan gizi tidak ditangani oleh tenaga kesehatan saja melainkan dari berbagai pihak juga turut mendukung kesehatan masyarakat.

Tidak hanya itu, teman-teman yang mendapat bagian di posyandu juga melakukan pengukuran antropometri terhadap anak-anak. Ikut serta membantu ibu-ibu kader posyandu dalam menimbang anak dengan dacin dan mengukur tinggi anak dengan microtoise. Berbagai macam ekspresi lucu dan ketakutan ketika anak melihat alat-alat yang ada di posyandu. Mereka merasa semua benda itu menyakitkan mereka daan menakutkan, akan tetapi para kader posyandu mempunyai cara tersendiri dengan membujuk dan memberikan mainan ataupun makanan yang disukai anak-anak. Pemberian MP-ASI (Makanan Pendamping ASI) tidak lupa diberikan untuk anak, karena pemberian MP-ASI merupakan salah satu upaya untuk menambah asupan gizi pada anak. MP-ASI yang biasa diberikan di posyandu yaitu bubur kacang hijau, bubur ketan hitam, susu kedelai, dan biscuit MP-ASI dari dinas kesehatan.

oppp

oppppp

Begitu banyak upaya yang dapat kita lalukan sebagai seorang mahasiswi gizi untuk membantu pencegahan gizi kurang ataupun gizi buruk pada anak. Kita mulai perbaikan dari dini dengan sasaran anak-anak kecil  dengan cara penyuluhan empat pilar gizi seimbang, stimulasi cara mencuci tangan yang baik dan ajakan kepada anak-anak tentang pentingnya sarapan pagi. Pencegahan sejak dini bertujuan agar Indonesia bisa bangkit maju dengan dukungan para pemuda indonesia yang cerdas, kuat dan sehat. Salam mahasantri untuk negeri ini. (Minkha)

#Gizi

#GiziUNIDAGontor

#PIPG

 

 

2 thoughts on “Memecahkan suatu masalah dan mencari solusinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *