Search in:

BAKSO GEDEBOG PISANG KUAH JAMUR MERANG ALTERNATIF MAKANAN SEHAT RAMAH LINGKUNGAN

Bakso merupakan makanan yang paling digemari oleh masyarakat di Indonesia dan sudah banyak bahkan sering kita jumpai dipinggiran jalan yang menjual bakso. Akan tetapi, kebanyakan dari bahan bakso ini ada yang kurang sehat, maka kami mahasiswi UNIDA Gontor diantaranya Nazilah Alif Mas’udah (Gizi 2017), Reigita Mauliddena (Farmasi 2017), Monicca Sulistiya (Manajemen 2017), Raissa Nur Mauiza (Gizi 2018) membuat inovasi baru dalam pembuatan bakso dengan bahan baku yang menyehatkan dan ramah lingkungan yaitu memanfaatkan limbah gedebog pisang. Dimana masih jarang diketahui oleh masyarakat tentang sejuta khasiat yang ada dalam gedebog pisang ini.

Gedebog merupakan batang dari tanaman pisang yang sering dimanfaatkan sebagai kesehatan, kecantikan, pengobatan dan pakan ternak. Disini kita memanfaatkan batang pisang karena pohon buah pisang ini hanya bisa berbuah sekali saja dan di Indonesia sendiri buah pisang ini sudah populer dan mudah ditemukan, luas pertumbuhan pohon pisang di Indonesia cukup luas pada tahun 2015 sekitar 94 ha.

Pohon pisang yang sudah berbuah dan matang harus ditebang agar segera tumbuh tunas kembali. Alhasil, banyak yang membuang batang pisang dan dibiarkan hingga membusuk. Karena di daerah Jawa Timur khususnya daerah Ngawi yaitu di daerah kampus kami, masih banyak ditemukan limbah gedebog pisang yang dibuang begitu saja di sungai-sungai maupun di kebun pekarangan rumah sekitar warga. Maka kami berinovasi untuk memanfaatkan limbah yang ternyata dapat dijadikan bahan baku pangan yang kaya akan gizi.

Kemudian untuk kuahnya kami menggunakan bahan baku “Jamur merang” (Volvariella volvacea) yang merupakan salah satu jenis jamur yang paling banyak dibudidayakan, yaitu sebesar 55-60% dari produksi jamur nasional. Jamur merang memiliki kandungan gizi yang baik bagi kesehatan terutama karena memiliki kandungan protein yang tinggi.

Menurut Adriandi et al. (2001), kandungan protein pada jamur merang lebih tinggi dua kali lipat dari protein asparagus dan kentang, empat kali lipat protein tomat dan wortel, dan enam kali lipat protein jeruk. Jamur merang lebih banyak dikonsumsi dalam kondisi segar dibandingkan dalam kondisi yang sudah dikeringkan, dikalengkan, atau dibuat menjadi asinan.

Kami mahasiswi Universitas Darussalam Gontor, berinovasi untuk menjadikan gedebog pisang sebagai bahan baku bakso dan jamur merang sebagai kaldu kuah dari bakso gedebog pisang yang akan dibuat produk bakso instan dan menyehatkan dalam kemasan cup. Program ini dibiayai oleh Kemenristekdikti sebagai bagian dari Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan.

Harapan ke depan, masyarakat bisa memanfaatkan limbah yang ada disekitar yang masih belum diketahui khasiat didalamnya, sehingga bisa dijadikan usaha yang menguntungkan serta dapat mengonsumsi makanan yang sehat dan ramah lingkungan.

Nazila Alif dkk

6 thoughts on “BAKSO GEDEBOG PISANG KUAH JAMUR MERANG ALTERNATIF MAKANAN SEHAT RAMAH LINGKUNGAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *