Search in:

Meningkatkan Ketaqwaan kepada Allah dengan Berqurban

Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim  berkata:”Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka fikirkanlah apa pendapatmu” ia menjawab:” Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar”. Tatkala keduanya telah berserah diri dan Ibrahin membaringkan anaknya atas pelipis(nya), (nyatalah kesabaran keduanya), dan Kami panggillah dia:”Hai Ibrahim, sebenarnya kamu telah membenarkan mimpi itu sesungguhnya demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik. sesungguhnya ini benar-benar ujian yang nyata, dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar”.(QS.Ash Shafaat : 102-107)T

Ibadah qurban diawali dalam sejarah Nabi Ibrahim dan Ismail yang kisahnya tertuang di dalam Al-Quran seperti yang dipaparkan diatas. Qurban adalah salah satu ibadah dalam agama Islam yang mana dilakukannya penyembelihan binatang ternak yang dilakukan sebagai wujud pengorbanan umat muslim. Ibadah qurban dilakukan pada bulan hijriah, tepatnya pada 10 dzulhijjah.

Idul Adha atau Idul Qurban, pada hari itu Allah memberikan kesempatan kepada kita untuk lebih mendekatkan diri kepada-Nya. Bagi muslim yang belum mampu mengerjakan perjalanan haji, ia diberi kesempatan untuk berkurban, yaitu dengan menyembelih hewan qurban sebagai simbol ketaqwaan kepada Allah SWT.

Ibadah qurban akan menjaga bahkan meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah. Sehingga kita akan memiliki iman yang semakin kuat dan tidak mudah mengikuti hawa nafsu, dna tentu saja ibadah qurban akan menjadi amal baik yang akan dicatat oleh malaikat. Ibadah qurban yang semata-mata ikhlas dilakukan sebagai bagian dari pengabdian kepada Allah akan mendapatkan pahala yang setimpal. Pahala inilah yang nantinya akan menyelamatkan kita di hari akhir kelak. Wallahua’alambisshawaab.(Asih Putri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *