Search in:

Si manis Madu Berkhasiat

Siapa yang tak kenal madu ?

Cairan manis yang dihasilkan oleh lebah ternyata sudah ada dari zaman Rasulullah SAW, dimana ketika itu beliau meminumnya untuk menjaga stamina dan anjuran bagi beberapa sahabat nabi yang mengalami penyakit tertentu (dalam HR.Bukhari dalam kitab Ath Thiib). Keutamaan madu juga telah tercantum dalam firman Allah SWT, yaitu dalam surat An-Nahl ayat 69 dimana pada kalimat “….di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia….” menjadi bukti bahwa madu memiliki sifat agung di dalam Al-Qur’an.

Madu Sebagai Sumber Vitamin dan Antioksidan

Madu menjadi salah satu sumber vitamin dan antioksidan dikarenakan beberapa komponen fenolat yang terkandung didalamnya, seperti pinocembrin, pinobaxin, chrysin, luteolin dan quersetin. Walaupun madu berasal dari berbagai nectar tumbuhan, pada umumnya madu mengandung 79,5 gr karbohidrat, 0,3 protein dan 20 gr air. Beberapa manfaat madu bagi kesehatan yaitu:

  1. menurunkan tekanan darah
  2. membantu proses penyembuhan luka bibir pecah-pecah
  3. gangguan pencernaan, seperti sembelit
  4. meningkatkan daya tahan tubuh
  5. menjaga kesehatan kulit
  6. membuat kulit sekitar luka tidak menjadi kering
  7. sebagai detox tubuh
  8. sebagai obat batuk, obat sembelit dan maag dll

Lalu, pilih madu atau gula untuk pemanis? apakah tidak berbahaya untuk penderita diabetes?

Nah, jangan khawatir dengan rasa manis madu. Walaupun rasanya sangat manis, madu ternyata memiliki Indeks Glikemik yang lebih rendah dari gula, yaitu 55-58 sedangkan gula 63-65 sehingga madu dapat mengurangi resiko diabetes (Asuka dkk, 2017). Namun tetap untuk tidak dikonsumsi berlebihan ya, sesuai dengan apa yang dijelaskan Allah SWT dalam surat Al-A’raf ayat 31: “Makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan. Sungguh Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebihan.”

Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan meningkatnya inovasi dan kreatifitas anak bangsa, saat ini madu telah dijadikan sebagai bahan tambahan pada menu food and beverage atau bahkan dessert di beberapa café dan restoran.  Untuk teman-teman gizi, jangan lupakan sunnah nabi yang satu ini ya!

Madu juga sebagai minuman di Surga dalam Al-Qur’an Surat Muhammad Ayat 15 “(Apakah) perumpamaan (penghuni) jannah yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa yang di dalamnya ada sungai-sungai dari air yang tiada berubah rasa dan baunya, sungai-sungai dari air susu yang tidak berubah rasanya, sungai-sungai dari khamar yang lezat rasanya bagi peminumnya dan sungai-sungai dari madu yang disaring; dan mereka memperoleh di dalamnya segala macam buah-buahan dan ampunan dari Rabb mereka, sama dengan orang yang kekal dalam jahannam dan diberi minuman dengan air yang mendidih sehingga memotong ususnya?” (Siti Aulia)

Sumber:

Al-Qur’anul Kariim

Asuka Suzuki, Nobuko Hongu, Klaire Angela. 2017. Is Honey The Same As Sugar? College of Agriculture & Life Sciences.

Jerry D.Gray. 2010. Rasulullah is My Doctor.

One thought on “Si manis Madu Berkhasiat

vurtilopmer

I do consider all of the concepts you’ve offered for your post. They’re very convincing and will certainly work. Still, the posts are very quick for starters. May you please prolong them a bit from subsequent time? Thanks for the post.

Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *