Search in:

Aktivitas Fisik VS Olahraga

Memiliki badan yang sehat dan bugar adalah dambaan setiap orang. Karena dengan kesehatan kita bisa mengerjakan aktivitas sehari-hari. Memiliki badan yang sehat tentunya harus didukung oleh beberapa factor seperti makanan yang bergizi, pola hidup bersih dan sehat, aktivitas fisik dan olahraga. Namun banyak masyarakat yang belum mengetahui perbedaan dari aktifitas fisik dan olahraga sehingga sering terjadi kesalahpahaman. Masyarakat sering berasumsi sudah sering melakukan olahraga namun ternyata jika ditinjau dari kegiatannya yang dilakukan bukan olahrga namun hanya sebatas aktivitas fisik. Oleh karena itu mari kita pahami perbedaan dari aktivitas fisik dan olahraga.

Aktifitas fisik adalah setiap gerakan tubuh yang dihasilkan oleh otot rangka yang memerlukan peningkatkan pengeluaran tenaga dan energi atau pembakaran kalori (Kemenkes RI, 2015). Aktifitas fisik penting dilakukan agar terciptanya keseimbangan antara kalori yang masuk dan yang keluar (dibakar). Setiap orang melakukan aktifitas fisik, bervariasi antara individu satu dengan yang lain bergantung gaya hidup perorangan dan faktor lainnya seperti jenis kelamin, umur, pekerjaan, dan lain-lain. ). Contoh dari aktifivas fisik dalam kegiatan sehari-hari adalah menyapu, bekerja, mengajar, berjalan, mencuci, dll.  Kurangnya aktivitas fisik  merupakan faktor risiko independen untuk penyakit kronis dan degenerative.

Sedangkan olah raga merupakan bagian dari aktivitas fisik yang terencana dan terstruktur serta melibatkan gerakan tubuh berulang-ulang dan bertujuan untuk meningkatkan kebugaran dan kesehatan  jasmani (Farizati dalam Khomarun, 2013) contohnya melakukan senam selama 30 menit setiap 2 kali seminggu. Olahraga tidak hanya melibatkan sistem muskuloskeletal semata, namun juga mengikutsertakan sistem lain seperti sistem kardiovaskular, sistem respirasi, sistem ekskresi, sistem saraf dan masih banyak lagi.

Olahraga mempunyai arti penting dalam memelihara kesehatan dan menyembuhan tubuh yang tidak sehat (Mutohir & Maksum, 2007). Olahraga merupakan kegiatan jasmani yang dilakukan dengan maksud untuk memelihara kesehatan dan memperkuat otot Рotot tubuh. Kegiatan ini dalam perkembangannya dapat dilakukan sebagai kegiatan yang menghibur, menyenangkan atau juga dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan prestasi (Ramadhani, 2008).  Adapun contoh dari olahrga adalah sepak bola, bulu tangkis, bola basket, senam, dsb. Jadi bagaimana teman-teman? Sudah tahu ya perbedaan dari aktivitas fisik dan olahraga. Salam Sehat! (Yusrina)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *