Search in:

Si Jahe : Bangsawan Rempah-Rempah

Siapa seh yang tak mengenal salah satu bangsawan rempah-rempah ini “Jahe”??

Dari kalangan adek-adek sampai nenek kakek pun pasti semua mengenal salah satu rempah-rempah atau rimpang-rimpang ini, karena kalangan ibu-ibu sudah terbiasa menggunakan jahe untuk memasak.

Dari Abu Sa’id Al Khudri dia menceritakan: “Raja Romawi pernah menghadiahkan kepada Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassallam satu karung jahe. Beliau memberikan kepada setiap orang satu potong untuk dimakan dan aku juga mendapatkan satu potong untuk kumakan.”(HR: Abu Nuaim).

Sementara Allah Subhanahu Wata’ala memujinya dalam salah satu surat yang bunyinya sebagai berikut:

وَيُسْقَوْنَفِيهَاكَأْسًاكَانَمِزَاجُهَازَنجَبِيلًا

“Di dalam surga itu mereka diberi minum segelas (minuman) yang campurannya adalah jahe.“ (QS: Al Insan (76 ) : 17 )

Menurut para ahli, Jahe (Zingiber officinale Rosc.) merupakan salah satu jenis tanaman yang termasuk kedalam suku Zingiberaceae. Jahe dikenal dengan nama umum ginger atau garden ginger. Tanaman jahe diduga berasal dari Asia dan merupakan rempah-rempah yang paling dahulu dikenal di Eropa (Ravindran dkk., 2004 dalam Ade,2015).

Menurut dokter zaidulakbar penulis buku Jurus ala Rasulullah jahe merupakan salah satu rempah-rempah atau rimpang yang memiliki banyak manfaat:

1. Melancarkan darah.


Tentu saja anda bisa buat sendiri dirumah juga bisa. Bahannya : Jahe, Kunyit, Kencur, Semua bahan di bakar atau panggang . kemudian diseduh dengan air hangat dan ditambahkan dengan gula aren, dan kapulaga sama sedikit kayu manis.

2. Penurun Kolestrol.

Bahannya :  3 wortel, 2 batang seledri, 1 buah jeruk, 1 jeruk lemon, 1,5 jempol dewasa kunyit, 1 jempol dewasa jahe, 1 kale besar, 1/4 sendok teh lada hitam.
Caranya : Diblender semua kasi air sedikit, bisa untuk diminum 2x sehari, boleh dikasihkan  madu (atau sesuai selera). Bisa dibuat untuk mendetox dan tenaga pada tubuh kita. Better minum dengan air hangat ya.

3. Obat Pilek

Bahan: 1 sdt teh bubuk ( bukan sachet), Sejempol dewasa jahe yang udah dikupas (jahe emprit lebih baik), Kapulaga 5 butir, Cengkeh seujung sendok teh.

Caranya: Rebus teh dan bahan tadi dalam 300-400ml air sampai mendidih, dinginkan lalu minum, mau tambah madu juga boleh. Boleh diminum 2-3x sehari.

4. Mual dan muntah

Jahe bisa digunakan untuk obat mual ataupun muntah dengan cara memakannya secara mentah atau dijadikan minuman atau permen.

5. Diare

6. Perut kembung

7. Demam

8. Batuk berdahak

9. Pegal linu

10.Tidak nafsu makan

11. Kaki kesemutan

12. Keracunan makanan

13. Kolik

14. Reumatik

15. Sakit pinggang

16. Nyeri haid, dan keseleo

Banyak kan manfaat jahe? Masih tidak suka mengonsumsi jahe? Mungkin anda termasuk orang yang merugi. Tetapi ingat yaa tidak untuk dikonsumsi berlebih-lebihan karena akan menyebabkan perut sakit dan panas. Dalam Al-Qur’an Surat Al-‘A`raf [7] : 31

 يَٰبَنِىٓ ءَادَمَ خُذُوا۟ زِينَتَكُمْ عِندَ كُلِّ مَسْجِدٍ وَكُلُوا۟ وَٱشْرَبُوا۟ وَلَا تُسْرِفُوٓا۟ ۚ إِنَّهُۥ لَا يُحِبُّ ٱلْمُسْرِفِينَ

Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) mesjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.

Salam sehat. (NH)

Referensi :

Al-Qur’an Karim Tarjamah

https://m.hidayatullah.com/iptekes/rahasia-dibalik-sunnah/read/2015/05/04/69107/jahe-salah-satu-minuman-ahli-surga-yang-disebut-al-quran.html

Andika, Adi. 2015. Klasifikasi Aroma Jahe Berdasarkan Electronic Nose Dengan Metode Principal Component Analysis. Skripsi. Yogyakarta : Universitas Gajah Mada

Army, Rifqa. 2017. Kuliner Yogyakarta Cerita di Balik Nikmatnya. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *