Search in:

POLA TIDUR YANG BAIK DITINJAU DARI PRESPEKTIF ISLAM DAN SAINS

Tidur merupakan suatu hal yang dilakukan manusia setiap harinya di waktu-waktu tertentu dengan maksud untuk melepas kelelahan baik jasmani maupun mental. Rata-rata orang dewasa menghabiskan tujuh jam sampai sembilan jam untuk tidur. Saat itulah, tubuh melakukan perbaikan yang dibutuhkan. Racun-racun dibuang dan sel serta jaringan di bangun kembali otak juga memproses stress yang dikumpulkan saat tubuh terjaga dan mengurangi efek buruknya terhadap sistem tubuh. Sejak ratusan tahun yang lalu nabi Muhammad SAW telah mengajarkan pola tidur yang baik. Pola tidur yang di contohkan oleh nabi muhammad SAW memiliki dampak kesehatan dan telah dibuktikan secara ilmiah oleh beberapa penelitian.

Dalam prespektif islam kata “ tidur “ disebutkan lebih dari 10 kali dalam Al-qur’an. Hal ini mencerminkan bahwa aktivitas tidur yang baik dan benar diakui dalam islam dan memiliki fungsi tertentu dalam kehidupan manusia. Fenomena tidur telah membuat manusia menyadari bahwa mereka mempunyai kelemahan di banding Allah SWT yang selalu terjaga, kekal dan tanpa perlu tidurdan istirahat. Berikut Firman Allah SWT dalam Al-qur’an tentang tidur salah satunya dalam surat Ar-Rum ayat 23

وَمِنْ آيَاتِهِ مَنَامُكُمْ بِاللَّيْلِ وَالنَّهَارِ وَابْتِغَاؤُكُمْ مِنْ فَضْلِهِ ۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَسْمَعُونَ

23. Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah tidurmu di waktu malam dan siang hari dan usahamu mencari sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan.

Menurut ajaran islam, aktivitas tidur menandakan kekuasaan Allah SWT yang mana Allah menciptakan malam untuk istirahat dan siang untuk beraktivitas. Bahkan pada saat tertentu tidur adalah ibadah maka sebagai seorang umat islam untuk selalu bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT. Bentuk dari kesyukuran kita atas nikmat aktivitas tidur bisa kita praktekkan dengan cara memperhatikan pola tidur yang baik. Efek pola tidur yang baik diharapkan dapat memberikan manfaat langsung baik pada fisik maupun psikis. Berikut merupakan hal-hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga pola tidur yang baik dalam prespektif islam dan sains :

1. Durasi Tidur

Kebiasaan rasullulah yaitu tidur di awal malam dan menghidupkan akhir malam seperti hadist nabi berikut ini :

Dari Abu Barzah bahwasanya Rasullulah membenci tidur malam sebelum (sholat isya) dan berbincang-bincang (yang tidak bermanfaat) setelahnya (begadang)”. (HR. Bukhari Muslim)

Durasi tidur merupakan yang mempengaruhi kesehatan kita. Sebab kurang tidur atau tidur yang terlalu lama berpotensi membuat seseorang mengalami gangguan kesehatan. Salah satu dampaknya dapat menimbulkan diabetes tipe 2. Sebuah penelitian yang dilakukukan oleh Zhilei Shan dkk, menjelaskan secara singkat bahwa kurang tidur memiliki peranan terhadap regulasi glukosa. Perubahan aktivitas sistem neuroendokrin tampaknya menjadi mediator besar menyebabkan metabolisme tubuh terganggu hal diakibatkan oleh efek dari kurang tidur. Peningkatan aktivitas saraf simpatis dapat menyebabkan berkurangnya respon sel β pankreas dalam mensekresi insulin.

Kurang tidur dapat menyebabkan peningkatan glukosa dalam sirkulasi darah dan peningkatan rasioinsulin postprandial terhadap glukosa. Insulin yang tidak memadai dan peningkatan glukosa dapat menyebabkan perkembangan resistensi insulin dan diabetes tipe 2.

2. Kebiasaan Sebelum Tidur

Sebelum tidur nabi Muhammad SAW memiliki kebiasaan yaitu tidak memakan makanan berat tetapi nabi memakan makanan seperti sayur-sayuran dan buah-buahn seperti kurma. penelitian ilmiah menjelaskan bahwa mengkonsumsi makanan dengan kandungan kalori tinggi dapat meningkatkan kerentanan terhadap obesitas dan penyakit kadiometabolik lainya seperti penyakit jantung.

Kebiasaan selanjutnya berupa nabi berwudhu terlebih dahulu sebelum tidur. Rasullulah SAW bersabda “ Apabila kamu hendak tidur maka berwudhulah (dengan sempurna) seperti kamu berwudhu untuk sholat, kemudian berbarunglah diatas sisi tubuhmu yang kanan “ (HR. Bukhori).

Berwudhu merupakan tindakan preventif (mencegah) untuk mencegah penyebaran penyakit. Saat berwudhu ada proses membasuh sebagian anggota tubuh seperti tangan , wajah, kepala, dan kaki. Hal ini berkaitan dengan pencegahan penyakit. Sebagaimana penelitian yang dilakukan tentang pencegahan penularan patogen diare dengan cara mencuci tangan.

Selain dua kebiasaan tersebut kebiasan yang baik untuk dilakukan sebelum tidur yaitu berdoa sebelum tidur. Berdoa sebelum tidur bertujuan untuk memohon kepada Allah perlindungan dari bahaya saat tidur serta agar menjadikan tidur kita bernilai ibadah dan memberikan berkah.

3. Cara Tidur Yang baik

Cara tidur yang dicontohkan rasullulah berupa berbaring di sisi kanan. Berbaring di sisi kanan akan menurunkan resistensi terhadap pernapasan. Selain itu manfaat lainya tidur miring kearah kanan dapat menyebabkan peredaran darah ke otak menjadi lancar selama tidur, karena darah yang di pompa oleh jantung mengalir secara optimal ke otak. Hati atau liver berada di sisi kanan tubuh. Tidur miring ke kanan merupakan posisi yang sangat baik untuk liver karena liver merupakan organ tubuh paling berat diantara organ yang lainnya. (Indahtul)

DAFTAR PUSTAKA

Kelley, T. (2005) 50 Cara Alami Tidur Berkualitas. Jakarta: Erlangga.

Rahmadi, A. (2019) Kitab Pedoman Pengobatan Nabi. Jakarta Selatan: Wahyu Qolbu.

5 thoughts on “POLA TIDUR YANG BAIK DITINJAU DARI PRESPEKTIF ISLAM DAN SAINS

mobile legends t shirt logo

First off I want to say superb blog! I had a quick question that I’d like to ask if you don’t mind.
I was curious to know how you center yourself and clear your
thoughts before writing. I have had a tough time clearing my
thoughts in getting my ideas out there. I do take pleasure in writing however it just seems like the
first 10 to 15 minutes are usually lost just trying to figure out how to
begin. Any ideas or hints? Cheers!

Reply
cbd for athletes

Wow that was unusual. I just wrote an really long comment but after I clicked submit my comment didn’t show up.
Grrrr… well I’m not writing all that over again. Regardless, just wanted to say wonderful
blog!

Reply
Alaina Domer

I just want to mention I am just newbie to blogging and truly enjoyed your web site. More than likely I’m going to bookmark your blog . You absolutely come with incredible article content. Many thanks for sharing with us your web page.

Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *