Search in:

JAVA PLUM ( Si Kecil Hitam Buah Kampung yang kaya akan Manfaat bagi Kesehatan )

Tanaman yang bernama latin Syzygium Cumini  atau yang lebih dikenal dengan nama buah Jamblang ataupun Duwet, buah yang memiliki perubahan warna dari hijau ketika muda lalu menjadi hitam  keunguan ketika sudah matang, merupakan tumbuhan tropis asli Indian Subbenua.

Buah kecil dengan memiliki warna ungu kehitaman ini memiliki kandungan nutrisi yang tinggi didalamnya diantaranya, Protein, Serat, Fenol, Tritepenoid, Minyak Esensial, Minyak Atsiri, Jambosin, Asam Organik, Asam Oleanolic, Tanin, Antosianin, Asam Ellagik, dan Flavonoid.

Selain dari pada itu, didalam buah kecil hitam yang berasa masam ini memiliki kandungan Mineral seperti Kalsium, Magnesium, Zat besi, Kalium, Natrium, dan  Fosfor.  Begitupun dengan kandungan vitamin C dengan jumlah Riboflavin, Niacin, Tiamin dan vitamin B6 yang cukup signifikan.

Dengan adanya kandungan zat besi dalam buah jamblang atau duwet ini, dapat dipastikan bahwa darah beroksigen dengan jumlah hemoglobin yang baik dapat meenyebar keseluruh tubuh. Dan dari kandungan vitamin C yang ada didalam buah jamblang atau duwet ini dapat membantu menyembuhkan kesehatan gigi dan gusi. Karena sifat Antibakteria dari jus ini dapat membantu mengusir bakteri yang mungkin masuk melalui mulut dan mencegah timnulnya masalah bau mulut.

Sedangkan kandungan Tritepenoid  yang hadir didalam buah jamblang bermanfaat untuk menghentikan akumulai atau produksi kolestrol yang ada didalam tubuh. Begitupun dengan kandungan Kalium yang ada merupakan  Zat Mineral yang diperlukan bagi kesehatan jantung, yaitu berfungsi untuk mencegah datangnya gangguan kardivaskular. Hipertensi, dan Stroke. (sita)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *