Search in:

Buah Cranberry dengan Segudang Manfaat

Buah Cranberry adalah buah yang tumbuh di daratan Amerika, dan tidak dapat tumbuh di Indonesia. Buah ini dapat dipanen ketika warnanya telah merah segar. Dapat dibudidayakan di daerah rawa, dan dapat hidup dengan baik di dalam air serta termasuk dalam golongan tanaman rambat sama halnya dengan stawberry. Di Indonesia, dapat kita temui buah ini tersedia dalam bentuk buah kering atau dalam bentuk olahan lain.

Buah dengan rasa masam ini, memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, namun karena rasanya yang masam, buah dengan nama latin Vaccinium macrocarpon jarang dikonsumsi secara langsung melainkan dibuat menjadi olahan lain seperti jus, buah kering, ekstrak buah, dan suplemen.

Berikut adalah kebaikan dan manfaat dari buah berbentuk bulat kecil ini :

1. Mengatasi ISK

Menurut sebuah penelitian di Amerika Infeksi saluran kencing yang banyak diderita kaum hawa, dapat diobati dengan konsumsi buah cranberry kering atau SDC Sweetened Dried Cranberres selama 2 minggu, dapat menurunkan angka E.coli dalam saluran pencernaan (Burleigh AE, 2013).Melawan kanker

2. Melawan radikal bebas

3. Menjaga kesehatan Jantung

4. Menjaga kesehatan saluran pencernaan

5. Menjaga kesehatan gigi dan mulut

6. Menjaga sistem peredaran darah dalam tubuh

7. Sumber antioksidan yang baik

Namun seperti yang kita ketahui, segala sesuatu yang berlebihan pasti memiliki efek lain yang tidak baik. Termasuk buah cranberry yang apabila dikonsumsi dalam jumlah yang dapat terbilang tidak sedikit, dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal. Karena, buah ini mengandung asam oksalat yang tinggi. Sehingga, mempercepat proses pembentukan batu ginjal. (Amalia NJ)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *